Logo Header

SAH! Ujian Nasional 2020 Resmi Dibatalkan

Editor: Andrew Kresna
Editor: Andrew KresnaSelasa, 24 Maret 2020 19:13
SAH! Ujian Nasional 2020 Resmi Dibatalkan

Ragam.id, JAKARTA, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memutuskan Ujian Nasional tahun ajaran 2019/2020 dibatalkan. Kebijakan ini, dibuat demi mengedepankan kesehatan dan keamanan para siswa serta keluarga mereka di tengah wabah virus corona (Covid-19) yang melanda.

“Kami telah memutuskan untuk membatalkan Ujian Nasional di tahun 2020 ini,” kata Nadiem melalui video konferensi pers, Selasa (24/3/2020).

Nadiem memaparkan alasan mendasar dari keputusan Kemendikbud ini ialah demi keamanan dan kesehatan daripada siswa dan beserta keluarganya. mengingat jumlah siswa yang mengikuti UN 2020 menyentuh angka 8 juta orang.

Akan berbahaya bagi para siswa dan keluarga mereka apabila Ujian Nasional tetap dilaksanakan. Hal tersebut dapat menyebakan terjadinya penumpukan orang dalam jumlah banyak di satu tempat.

Padahal, penumpukan orang dalam jumlah besar di satu tempat saat ini sangat berbahaya karena berpotensi menjadi arena penyebaran virus corona di tengah masyarakat.

Apalagi, para siswa juga tinggal bersama anggota keluarga lain yang dimungkinkan berumur 60 tahun ke atas, di mana mereka rawan terinfeksi virus corona.

“Itu bisa menimbulkan risiko kesehatan yang sangat besar. Bukan hanya bagi siswanya tetapi keluarga, kakek, nenek dari siswa-siswa tersebut,” ujar Nadiem.

Editor: Andrew Kresna
Editor: Andrew KresnaSelasa, 24 Maret 2020 19:13
Komentar