Logo Header

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan di Era New Normal? Simak 4 Hal Ini

Redaksi
RedaksiSenin, 29 Juni 2020 07:00
Bagaimana Cara Mengatur Keuangan di Era New Normal? Simak 4 Hal Ini

RAGAM.ID, MAKASSAR – Masa pandemi Covid-19 telah mengubah kebiasaan kita dalam menabung atau mengeluarkan uang untuk keperluan sehari-hari.

Memasuki fase new normal, setiap orang dituntut untuk mulai mengubah kebiasaan sebelumnya, tak hanya menjaga kesehatan, tetapi juga dalam mengatur keuangan.

Berikut tips dalam mengatur keuangan saat fase new normal:

Memeriksa dan Mengatur Keuangan

Hal pertama yang harus dipersiapkan dalam menghadapi fase new normal, yaitu memeriksa kembali berbagai pos pemasukan dan pengeluaran. Di sisi pemasukan coba periksa dari mana saja sumber penghasilan kamu dan hitung nilai pemasukan tersebut.

Di sisi pengeluaran, seperti masker, hand sanitizer, disinfektan, dan vitamin akan menjadi barang kebutuhan baru yang masuk ke dalam pos pengeluaran. Pos pengeluaran yang bisa ditutup, seperti biaya untuk nongkrong, hiburan, dan jalan-jalan.

Siapkan Dana Darurat

Dalam kehidupan akan selalu ada kejadian yang tidak diduga. Entah itu berupa musibah atau kejadian lain yang pastinya akan menguras pundi-pundi keuangan. Risiko akan PHK karena pelambatan performa perusahaan tempat bekerja masih akan ada. Sementara mencari pekerjaan juga agak sulit. Jadi menjaga ketersediaan dana darurat adalah hal yang wajib.

Hindari Berhutang

Selain membuat perencanaan dan menyiapkan dana darurat, kamu harus mengevaluasi kembali utang dan piutang yang dimiliki. Hindari membeli barang secara kredit, jika bisa tidak perlu membeli barang-barang mewah dengan harga selangit. Saat kondisi seperti ini, kestabilan uang adalah nomor satu. Jadi usahakan untuk menghindari biaya-biaya bersifat cicilan dan bijaklah dalam berbelanja selama masa pandemi.

Cari Penghasilan Tambahan

Jika kamu mengalami kesulitan untuk melakukan penghematan, sementara pengeluaran masih terbilang besar, maka dianjurkan untuk mencari penghasilan dari sumber lain. Kamu bisa memulai dengan hal-hal yang disukai, seperti hobi fotografi dengan menjual jasa memotret atau jika punya bakat bisnis Anda bisa berjualan online, seperti berjualan produk kesehatan, produk frozen food atau jenis makanan lainnya.

Redaksi
RedaksiSenin, 29 Juni 2020 07:00
Komentar