Logo Header

Tips Mencuci Masker Kain Yang Benar Di tengah Pandemi Covid-19

Editor: Andrew Kresna
Editor: Andrew KresnaRabu, 15 April 2020 10:27
Ilustrasi: kumparan.com
Ilustrasi: kumparan.com

RAGAM.ID – Mengenakan masker merupakan tindakan yang wajib dilakukan disaat berada di luar rumah, demi terhindar dari bahaya penularan virus covid-19.

Memakai masker sekali pakai tentulah sangat menguras isi dompet. Keterbatasan stok membuat harga masker melambung tinggi. Sehingga Ada baiknya menggunakan masker berbahan kain. Hal itu lebih ekonomis, sebab dapat cuci dan dipakai lagi.

Meski demikian, kita tetap harus menjaga kebersihan masker dengan cara mencuci dengan tepat. Mencuci pun ada caranya agar masker yang kita pakai terbebas dari kotoran, virus dan bakteri, sekaligus awet.

Berdasarkan kabar yang dilansir dari USA Today, Sabtu (4/4/2020) ada empat cara tepat untuk mencuci masker kain agar terbebas dari bakteri, kuman dan virus.

1. Rendam dengan air hangat

Menurut ilmuan Spesialis penyakit menular dari Universitas Columbia Daniel Griffin, bahwa air hangat berperan penting karena mikroorganisme tidak kuat dalam suhu terutama di atas 60 derajat celsius. oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menggunakan air hangat sewaktu mencuci masker kain.

2. Gunakan deterjen

Pemilihan cairan pembersih dalam mencuci kain masker juga perlu diperhatikan. Griffin menyarankan cukup menggunakan deterjen bila memakai mesin cuci, sebab keduanya selama proses pembersihkan sekitar 30 menit sudah cukup ampuh mengangkat noda dan membunuh bakteri.

Namun, bagi yang mencuci masker kain secara manual atau dengan tangan, dianjurkan untuk menggunakan disinfektan.

“Letakkan masker di sebuah wadah, lalu rendam dengan campuran dengan disinfektan dan air selama 30 menit, maka virus dan bakteri akan mati,” kata Griffin

3. Keringkan di bawah sinar matahari

Setelah mencuci masker kain, jangan lupa untuk mengeringkannya di bawah sinar matahari.

Dokter penyakit dalam di PlushCare, Hilary Lin, mengatakan sinar matahari memiliki kemampuan dalam membunuh mikroorganisme.

“Teriknya yang menyengat sangat berguna untuk mematikan bakteri,” kata Hilary

4. Simpan di tempat yang kering

Setelah selesai mencuci, sebaiknya simpan dulu sebelum pakai lagi. Dianjurkan untuk menyimpannya di tempat yang bersih dan kering.

Lin menuturkan alasan masker kain disimpan di tempat yang kering.

“Jangan tempat yang lembab karena ini adalah lokasi favorit dari bakteri untuk berkembang biak,” katanya

Editor: Andrew Kresna
Editor: Andrew KresnaRabu, 15 April 2020 10:27
Komentar