Logo Header

Transformasi Kualitas Pengabdian, LP2M UIN Alauddin Asesmen Pembimbing KKN

Ridwan
Ridwan Selasa, 02 Januari 2024 15:26
Transformasi Kualitas Pengabdian, LP2M UIN Alauddin Asesmen Pembimbing KKN

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Pusat Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM LP2M) UIN Alauddin Makassar menggelar asesmen pembimbing Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada Kamis, 27 Desember 2023.

Sebanyak 24 calon dosen pembimbing KKN turut serta dalam asesmen ini, menandai langkah strategis LP2M dalam meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat.

Ketua LP2M UIN Alauddin Makassar, Dr. Rosmini Amin, menjelaskan bahwa asesmen ini dirancang dengan tujuan utama untuk mendeteksi komitmen visi misi pengabdian calon Dosen Pembimbing KKN.

Melalui proses ini, kata Mantan Ketua Pusat Studi Gender dan Anak ini diharapkan dapat terpilih dosen pembimbing yang memiliki dedikasi tinggi terhadap pengabdian masyarakat.

Selain itu, lanjut Dr Rosmini Amin asesmen ini juga fokus pada pendeteksian kemampuan komunikasi interpersonal Dosen Pembimbing KKN dengan berbagai pihak yang terlibat dalam KKN, mulai dari mahasiswa, masyarakat, hingga lembaga terkait.

“Komunikasi yang baik menjadi kunci kesuksesan program KKN, dan kami ingin memastikan setiap dosen pembimbing mampu berinteraksi secara efektif,” tambah Dr. Rosmini.

Asesmen juga melibatkan deteksi kompetensi manajemen Dosen Pembimbing, dimana kemampuan manajerial akan menjadi penentu keberhasilan program KKN.

“Dosen pembimbing yang handal dalam manajemen akan mampu menjalankan program KKN dengan efektif dan meraih hasil yang maksimal,” jelas Dr. Rosmini.

Lebih lanjut, tambah Dr Rosmini Amin, LP2M UIN Alauddin Makassar tidak hanya membatasi potensi lokasi KKN sebagai tempat pengabdian, namun juga sebagai lokus pengabdian UIN dalam bentuk lain.

Mulai dari konsep laboratorium akademik, desa binaan, hingga implementasi MBKM menjadi pertimbangan penting dalam mengeksplorasi potensi lokasi KKN.

Dr. Saleh Ridwan, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) LP2M, turut menyoroti uraian tugas dosen pembimbing KKN yang lebih terstruktur.

Mulai dari pembekalan awal hingga penarikan mahasiswa dari lokasi KKN, setiap langkah diatur untuk memberikan pengalaman maksimal kepada mahasiswa.

Asesmen ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan kualitas dan dampak positif dari program KKN, menjadikan UIN Alauddin Makassar sebagai pusat pengabdian masyarakat yang unggul dan inovatif.

Ridwan
Ridwan Selasa, 02 Januari 2024 15:26
Komentar