Logo Header

Padukan Pakaian Adat Bugis Makassar dan Passapu, Wagub Sulsel Hadiri Paripurna 351 Tahun Provinsi Sulawesi Selatan

Redaksi
RedaksiSelasa, 20 Oktober 2020 09:50
Padukan Pakaian Adat Bugis Makassar dan Passapu, Wagub Sulsel Hadiri Paripurna 351 Tahun Provinsi Sulawesi Selatan

RAGAM.ID, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan mengikuti Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi ke 351 Provinsi Sulawesi Selatan, Senin, 19 Oktober 2020.

Paripurna itu berlangsung di Ruang Paripurna Lantai 3 Gedung DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dihadiri pula oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Dalam kesempatan ini, Andi Sudirman tampak mengenakan pakaian adat khas Bugis Makassar, Jas Tutup dipadukan songkok Passapu khas Gowa.

Ia didampingi oleh sang istri, Naoemi Octarina yang juga sekaligus Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel. Perempuan yang dikenal kesederhanaannya ini dalam acara ini mengenakan baju terusan berwarna krem dilengkapi hijab syar’i berwarna senada dengan pakaiannya.

Ke-351 Tahun Sulsel kali ini mengusung tema yakni “Mengembalikan Kejayaan Komoditas Unggulan Sulawesi Selatan yang Berdaya Saing Tinggi”.

Rapat Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Sulsel, Ina Kartika didampingi para Wakil Ketua DPRD Sulsel.

Mengingat masih dalam kondisi pandemi covid-19, sehingga Rapat Paripurna ini dilaksanakan secara sederhana dan terbatas. Hanya dihadiri oleh Anggota DPRD Sulsel, serta beberapa pejabat. Sementara Bupati/Walikota se Sulsel, serta OPD Lingkup Pemprov Sulsel mengikuti secara virtual melalui Zoom.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, penyelenggaraan hari jadi tentunya diharapkan menjadi ajang refleksi dan introspeksi bagi semua segenap masyarakat Sulawesi Selatan, terkhusus kepada jajaran eksekutif dan legislative terkait sejauhmana bersama-sama telah berupaya maksimal mendorong dan mewujudkan harapan masyarakat agar Sulawesi Selatan ini tetap merasa bangga sebagai masyarakat Sulawesi Selatan. Karena daerahnya maju dan berkembang serta lebih kompetitif dalam berbagai aspek kehidupan, baik sosial budaya maupun ekonomi serta dari sisi ketersediaan infrastruktur layanan publik.

Pandemi Covid-19 memberikan tekanan yang luar biasa terhadap seluruh sektor perekonomian daerah sehingga Sulsel juga mengalami kontraksi, akan tetapi berdasarkan rilis BPS sampai dengan Kwartal II Tahun 2020 ini dari sisi sektor pertanian masih tetap tumbuh diatas 2,4% dengan kontribusi sebesar 24,81%, demikian halnya ekspor tetap tumbuh positif hingga mencapai 11,17%, bahkan konsumsi listrik juga tumbuh diatas 4% ditengah seluruh provinsi mengalami kontraksi pertumbuhan dimasa pandemic covid-19.

Sementara itu, Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, bahwa Pemprov dalam perspektif pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, irigasi, komoditi unggulan dll di tahun 2020 adalah sebuah perjuangan meski dengan berbagai cobaan bencana termasuk non alam pandemi Covid19. Special subsidi tiket bagi penerbangan ke Bandara Sultan Hasanuddin – Buntu Kunik Toraja, Bua Luwu dan Aroepala Selayar dengan membangun kemitraan kerjasama Citilink Airlines.

“Subsidi ini harapannya akan mendorong pergerakan ekonomi wilayah tujuan termasuk mobilitas masyarakat dan wisata,” pintanya.

Lebih lanjut, “Kami terus berupaya bersama mitra kami di DPRD Provinsi Sulsel, segenap unsur Forkopimda Vertikal, swasta dan seluruh elemen masyarakat bersinergi untuk negeri. Kami bahu membahu dalam misi pembangunan menuju Sulsel yang lebih baik,” pungkasnya.

Redaksi
RedaksiSelasa, 20 Oktober 2020 09:50
Komentar