Logo Header

Gubernur Tinjau Kesiapan RS Pendidikan Unhas Tempat Awal Screening Pasien Covid-19

Editor: Andrew Kresna
Editor: Andrew Kresna Rabu, 08 April 2020 17:54
Gubernur Tinjau Kesiapan RS Pendidikan Unhas Tempat Awal Screening Pasien Covid-19

RAGAM.ID, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. HM Nurdin Abdullah melakukan peninjauan ke Rumah Sakit Unhas, Rabu, 8 April 2020. Kedatanganya untuk memastikan kesiapan Unhas sebagai rumah sakit screening awal pasien Covid-19 dan sinergi dengan antara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Unhas dan gugus tugas yang dimiliki provinsi.

iklan

“Kita pastikan kesiapan Unhas sebagai rumah sakit screening. Kedua, kita pastikan bahwa laboratorium kita juga kerja dengan baik,” kata Nurdin Abdullah,

Ia juga menyampaikan bahwa kenaikan jumlah pasien positif di Sulsel ini karena di Sulsel sudah dilakukan uji laboratorium sendiri. Sehingga tracking contact juga bisa dilakukan dengan cepat.

Unhas juga melakukan pemetaan penyebaran virus corona ini. Dari data yang ada, ini menjadi acuan gubernur dalam melakukan strategi, untuk memotong rantai penularan Covid-19 ini.

“Tadi kita sudah dan bisa lihat, langkah yang kita lakukan secepatnya memotong rantai ini, agar tidak terus bertambah positif itu. Itu ada peaknya pada bulan Mei jika kita tidak melakukan langkah-langkah sekarang,” jelas mantan Bupati Bantaeng ini.

Pada kesempatan ini, Nurdin juga menyampaikan, telah diputuskan rumah sakit rujukan khusus Covid-19. Seluruh pasien yang akan melakukan screening awal harus ke rumah sakit yanh ditunjuk untuk kemudian dirujuk ke rumah sakit yang direkomendasikan.

Gubernur menetapkan Rumah Sakit Dadi sebagai screening awal untuk wilayah selatan. Dan Rumah Sakit Unhas untuk wilayah utara. Sebab, RS Unhas lebih dekat distribusinya ke bagian utara.

Sedangkan, Direktur Utama RS Pendidikan Unhas, Dr dr Syafri Kamsul Arif, berharap Satgas Unhas dalam hal ini bisa bersinergi dengan Satuan Gugus Tugas yang juga ada di Pemerintah Sulsel.

“Ini dari sisi pendataan, dari sisi tracing, dari screening dan perawatan pasien Covid-19. Kami sejak awal juga, menscreening dan melakukan perawatan pasien Covid,” sebutnya.

RS Unhas dan Satgas Unhas juga menyajikan data secara real-time yang bisa disinergikan dengan data Gugus Tugas Covid-19 Provinsi.(*)

Editor: Andrew Kresna
Editor: Andrew Kresna Rabu, 08 April 2020 17:54
Komentar