Logo Header

Resmikan Bandara Tanah Toraja, Jokowi: Tiap 6 Bulan Selalu Saya Tanyakan Ini

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comKamis, 18 Maret 2021 12:44
Resmikan Bandara Tanah Toraja, Jokowi: Tiap 6 Bulan Selalu Saya Tanyakan Ini

TEBARAN.COM, TORAJA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Tana Toraja, juga Bandara Pantar di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) secara virtual dari Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis, 18 Maret 2021.

Acara peresmian itu dilakukan Jokowi bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno Anung. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Di kesempatan itu, Jokowi mengucapkan syukur karena pemerintah berhasil meresmikan Bandara Tana Toraja yang pengerjaannya memakan waktu tak sebentar.

“Hampir tiap 6 bulan selalu saya tanyakan pada pak Menteri Perhubungan, kapan bandara, kapan airport di Tana Toraja selesai. Kok tidak rampung-rampung. Dan akhirnya hari ini bisa kita resmikan, dan sudah beroperasi. Kita patut bersukur,” ujarnya.

Jokowi mengatakan bahwa kehadiran bandara-bandara ini akan mempermudah mobilitas masyarakat. Terbukanya bandara di dua wilayah ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah.

“Pariwisata di sini saya meyakini akan sangat berkembang, baik dari Makassar, dari Bali, langsung ke sini, dari Jakarta langsung ke sini, dari Bandung langsung ke Tanah Toraja untuk melihat negeri di atas angin. Melihat Gete Gesu, melihat Pango Pango,” paparnya.

Dari laporan Menhub Budi, anggaran yang dihabiskan untuk membangun Bandara Tana Toraja mencapai sekitar Rp 800 miliar. Dana itu termasuk digunakan untuk memotong 3 bukit.

“Tanah yang harus dibuang dari sana ada 6 juta m2. Jumlah yang memang bandara ini unik sekali, potong tiga bukit, sehingga runway-nya bisa dibangun,” ungkap dia.

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comKamis, 18 Maret 2021 12:44
Komentar