Logo Header

Abdul Hayat Gani: Sistem Pengarusutamaan Gender sebagai Garda Terdepan

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comRabu, 17 Maret 2021 10:50
Abdul Hayat Gani: Sistem Pengarusutamaan Gender sebagai Garda Terdepan

TEBARAN.COM, MAKASSAR, — Sistem pengarusutamaan gender (PUG) dapat menjadi garda terdepan dalam setiap proses pengembilan keputusan kebijakan. Sebab, telah didukung dengan regulasi, Peraturan Daerah (Perda), Peraturan Gubernur (Pergub) dan Instruksi Presiden (Inpres).

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulsel Abdul Hayat Gani saat menghadiri kegiatan Verifikasi Lapangan Dalam Rangka Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2020.

Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual zoom meeting bersama Deputi Kementerian Pemberdayaan Perempuan di Ruang Rapat Pimpinan (Rapim) Kantor Gubernur Sulsel, Selasa, 16 Maret 2021.

PUG sendiri merupakan strategi untuk mengembangkan pengetahuan yang setara untuk laki-laki dan perempuan. Tujuannya adalah untuk kesetaraan dan keadilan gender, baik itu dalam lingkup sosial dan budaya.

“Kami sudah memantau, dan akselerasi yang dilakukan lewat berbagai macam Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pada intinya adalah sejauh mana peran dan akses untuk para wanita dan laki-laki menjadi kesempatan yang sama. Yakni dengan memberikan pembangunan di Sulsel,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Provinsi Sulsel, Fitriah Zainuddin mengatakan, menjelaskan terkait verifikasi keikutsertaan Sulsel kategori mentor untuk pengarusutamaan gender. Dilakukan dengan melakukan input data terlebih dahulu.

Hal ini berdasarkan indikator-indikator evaluasi yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Itu, dalam bentuk website. Jadi, ada aplikasi yang kita isi, setelah itu yang masuk nominasi dikarenakan ada passing gradenya. Kita masuk dalam verifikasi lapangan dan ini sudah masuk dalam tahap kedua. Setelah itu, verifikasi lapangan ini gunanya cross-check karena diminta dokumen-dokumen pendukung untuk meyakinkan,” ucap Fitriah Zainuddin.

Untuk Sulsel bersaing dengan seluruh provinsi di Indonesia. Dan untuk kategori mentor Sulsel satu-satunya di Indonesia Timur dan diluar dari Indonesia timur ada Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurutnya, pengumuman ini nantinya diadakan bertepatan dengan Hari Kartini atau di Hari Anak atau Hari Ibu.(*)

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comRabu, 17 Maret 2021 10:50
Komentar