Logo Header

Sosialisasi Perlindungan Anak, Anton Paul Minta Orang Tua ‘Jagai Anakta’

Editor: Andrew Kresna
Editor: Andrew KresnaSabtu, 27 Februari 2021 17:24
Sosialisasi Perlindungan Anak, Anton Paul Minta Orang Tua ‘Jagai Anakta’

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Anton Paul Goni menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah nomor 5 tahun 2018 tentang perlindungan anak, di Hotel Red Cendrawasih, Sabtu (27/2/2021).

Pada kesempatan itu, Anton menjelaskan bahwa kekerasan terhadap anak adalah sebuah tindakan yang sangat rawan terjadi dewasa ini, karena beberapa faktor, diantaranya ialah kurangnya perhatian orang tua. Ia pun meminta peran aktif orang tua menjaga dan terus memberi perhatian kepada anak, agar hal yang tak diinginkan tidak terjadi.

“Jagai anak-ta, karena sering kali kesibukan orang tua, anak-anak diabaikan padahal mereka butuh kasih sayang dan perlu perlindungan,” tegas Anton.

Kata Anton, penyebarluasan produk hukum ini sangat penting untuk dipahami orang tua dan masyarakat. Perda ini sebagai bekal untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak.

“Perda ini harus digalakkan karena angka kelahiran tinggi dan perlu mendapat perhatian orang tuanya,” ujarnya.

Terpisah, Narasumber Kegiatan, Andi Tenri A Palallo mengatakan, dirinya mengapresiasi DPRD dan Kepolisian dalam merespon setiap ada kekerasan terhadap anak. Perda tentang perlindungan ini sangat dibutuhkan orang tua agar mencegah terjadinya tindak kekerasan terhadap anak.

“Perempuan dan Anak diselamatkan cepat, mereka ini labil. Perlu ada regulasi yang mengatur agar bisa mengurangi tindak kekerasan,” jelas Tenri.

Ia mengimbau agar orang tua tidak melakukan tindak kekerasa terhadap anak. Sebab, ada sanksi pidana jika terbukti melakukan hal tersebut.

“Biasa ada orang tua memanggil anaknya sebutakan kasih sayang misalnya ponyak. Itu kekerasan anak secara verbal, itu tidak boleh. Biasakan membangun ucapan positif kepada anak,” pintanya. (*)

Editor: Andrew Kresna
Editor: Andrew KresnaSabtu, 27 Februari 2021 17:24
Komentar