Logo Header

Pesan Jokowi Usai Resmikan Bendungan Tukul di Kampung Halaman SBY

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comMinggu, 14 Februari 2021 20:06
Pesan Jokowi Usai Resmikan Bendungan Tukul di Kampung Halaman SBY

TEBARAN.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Minggu, 14 Februari 2021.

Daerah tersebut merupakan kampung halaman Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Bendungan yang mulai dibangun pada 2015 dengan biaya sekitar Rp916 miliar kini siap difungsikan dan dimanfaatkan oleh warga Pacitan dan sekitarnya.

“Bendungan ini sekali lagi memiliki peran sangat penting untuk pengendalian banjir, untuk mengairi sawah, air irigasi, dan juga penyediaan air baku yang di sini kurang lebih 300 liter per detik dan tentu saja ini untuk warganya bapak Bupati Pacitan,” ujar Jokowi, Minggu, 14 Februari 2021.

Lanjutnya, dengan kapasitas tampung 8,7 juta meter kubik, bendungan Tukul bisa meningkatkan indeks pertanaman yaitu dari tadinya satu kali, menjadi dua kali tanam padi dan satu kali tanam palawija di 600 hektare sawah.

Kepala negara berharap dengan berfungsinya bendungan tersebut akan menjadi infrastruktur penting untuk memperkuat ketahanan pangan dan air.

“Saya meminta agar pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten benar-benar bisa memanfaatkan infrastruktur ini sebaik-baiknya sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi daerah memberikan keuntungan bagi masyarakat, meningkatkan produksi pertanian bagi daerah dan juga memudahkan penyediaan air bersih bagi daerah,” ungkapnya.

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comMinggu, 14 Februari 2021 20:06
Komentar