Logo Header

Buka Acara IPIM, Wagub Sulsel Sampaikan Solusi Soal Permasalahan Masjid

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comSabtu, 13 Februari 2021 09:43
Buka Acara IPIM, Wagub Sulsel Sampaikan Solusi Soal Permasalahan Masjid

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman membuka acara Bimbingan Tahsin Al-Qur’an yang diselenggarakan oleh Ittihad Persaudaraan Iman Masjid (IPIM) Sulsel secara virtual, Jumat malam, 12 Februari 2021.

Kegiatan ini diikuti oleh para iman masjid, musala, ustad, dan penyelenggara syara’ utusan dari 24 pimpinan daerah IPIM kabupaten/kota se-Sulsel.

Dalam sambutannya, Sudirman menyampaikan banyak permasalahan yang sering ia temui soal masjid dan pengelolaannya. Salah satunya, soal iman masjid yang kadang keliru pelafalan ayat suci Alquran termasuk dalam memperbaiki mahrajnya.

“Sebagai imam, kita mesti bisa membaca dengan pelafalan yang benar” ucapnya.

Untuk itu, ia mendukung penuh pelaksanaan Bimbingan Tahsin Al-Qur’an 2021 yang diadakan oleh IPIM Sulsel. Harapnya, para imam masjid dapat lebih fasih lagi melafalkan bacaan salat.

Selain permasalahan itu, ia juga menyoroti masih banyaknya masjid di Sulawesi Selatan yang mengunci pintu jika bukan waktu salat. Hal ini, katanya, malah mencegah orang-orang untuk salat di rumah ibadah tersebut. Bahkan Wagub meminta agar bila perlu pagar masjid dirobohkan saja sehingga orang safar dan lewat memiliki akses parkir yang luas.

Hal lain lagi yang ia soroti, yakni soal waktu sholat. Katanya, kadang waktu salat yang ditentukan masjid tersebut terlalu cepat dan juga waktu Adzan dan Iqomah terlalu singkat sehingga kadang jamaah hilang hak persiapan ketika sudah dipanggil adza , sholat sunnat di rumah hingga tiba di masjid.

Padahal menurutnya, setiap masjid wajib memberi hak waktu cukup jamaah ketika waktu adzan memanggil sholat maka jarak waktu ke iqomah cukup untuk jamaah persiapan, wudhu, sholat, jalan ke masjid, tahiyatul masjid serta doa diantara adzan dan iqomah. Ia pun mendorong para imam masjid yang tergabung dalam IPIM Sulsel ini untuk kembali menyesuaikan waktu sholat berdasar panduan dalil dan mengatur jarak waktu ke Iqomah dengan tepat.

“Saya melihat waktunya ini penting untuk kita menyesuaikan kembali” ucapnya.

Selain itu, Wagub juga meminta agar protokoler kesehatan dijaga secara ketat dengan dimulai dari Imam masjid.

Sementara itu, Ketua PW IPIM Sulsel, KH Maskur Yusuf mengapresiasi dukungan Wagub Sulsel pada kegiatan ini. Ia pun mengungkit soal peran kunci Wagub Sulsel tahun lalu yang mendorong dibuatnya kegiatan seperti ini.

Maskur mengakui, bahwasanya masih banyak imam-imam masjid yang belum terlalu fasih dalam pelafalan ayat-ayat Al-Qur’an. Pernah suatu waktu ia mengetes 100 imam masjid. Hasilnya, hanya 10 imam yang menurutnya lolos dalam tes tersebut.

“Terimakasih kasih pak Wagub telah membantu kita dalam program ini,” tutupnya.

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comSabtu, 13 Februari 2021 09:43
Komentar