Logo Header

Pelaksanaan ‘Kaltim Silent’ di Rumah Aja mendapat Dukungan Warga

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comMinggu, 07 Februari 2021 13:48
Pelaksanaan ‘Kaltim Silent’ di Rumah Aja mendapat Dukungan Warga

TEBARAN.COM, SAMARINDA – Menindaklanjuti Instruksi Gubernur Kaltim Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengendalian, Pencegahan dan Penanganan Wabah Pandemi Corona Virus Disease-2019 (Covid-19) di Provinsi Kalimantan Timur, semua daerah melakukan gerakan berdiam diri di rumah selama dua hari, Sabtu dan Minggu 6-7 Februari 2021.

“Kita bersyukur semua Satgas Penanganan Covid-19 di daerah bergerak serentak melaksanakan Instruksi Gubernur. Semoga ini akan menjadi awal yang baik dalam upaya kita bersama mencegah penyebaran Covid-19,” kata Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim Yudha Pranoto, Minggu (7/2/2021).

Gerakan berdiam diri di rumah secara umum mendapatkan dukungan masyarakat. Sepanjang Sabtu kemarin, lalu-lintas lengang di semua daerah dan tidak ada lagi kerumunan masyarakat.

Selain melakukan operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan 5M, sesuai Instruksi Gubernur juga selama dua hari ini akan dilakukan penyemprotan disinfektan di berbagai fasilitas publik seperti pasar tradisional, pelabuhan, terminal dan lainnya.

Operasi di ibu kota provinsi melibatkan jajaran Korem 091/ASN, Satpol PP Kaltim, Dinas Kesehatan Kaltim Kodim 0901 Samarinda, Polresta Samarinda dan BPBD Samarinda.

Beberapa lokasi yang menjadi target operasi yustisi dan penyemprotan disinfektan adalah Terminal Sungai Kunjang, Pasar Kemuning, Pasar Pagi, Pasar Segiri dan Big Mall.

Penyemprotan juga dilakukan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim dan Depo Arsip Kaltim.

“Dari Bontang dilaporkan, mereka melaksanakan penjagaan di pintu masuk Tugu Selamat Datang selama 24 jam. Petugas gabungan TNI/Polri bergantian berjaga dalam tiga shift,” kata Yudha.

Diharapkan dengan peningkatan masyarakat untuk tidak melakukan kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah, maka penyebaran Covid-19 akan bisa terus ditekan dan dihentikan.

Masyarakat juga tetap diingatkan untuk disiplin menaati protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comMinggu, 07 Februari 2021 13:48
Komentar