Logo Header

Muhammadiyah: SKB 3 Menteri Tidak Ada Masalah

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comSabtu, 06 Februari 2021 07:57
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti (ist)
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti (ist)

TEBARAN.COM, JAKARTA – Sekretaris Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti ikut berkomentar terkait SKB 3 Menteri, Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Abdul Mu’ti mengatakan, SKB 3 Menteri yang mengatur soal seragam dan atribut di lingkungan sekolah negeri, tidak perlu dipersoalkan karena bukan masalah besar.

“SKB 3 Menteri bukanlah masalah yang besar, jadi tidak perlu dibesar-besarkan,” kata Abdul Mu’ti di halaman Twitter @Abe_Mukti, Jumat, 6 Februari 2021.

Di negara maju, menurutnya, seragam tidaklah menjadi persoalan karena tidak terkait dengan mutu pendidikan.

“Kalau saya cermati subtansi dan tujuannya, SKB itu tidak ada masalah. Substansinya terkait dengan jaminan kebebasan menjalankan ajaran agama sebagaimana diatur dalam pasal 29 UUD 1945,” jelasnya.

Dia mengatakan, SKB tidak melarang peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan memakai seragam yang sesuai dengan agama dan keyakinan.

Kemudian, SKB 3 Menteri juga melarang semua bentuk pemaksaan pemakaian pakaian dan seragam yang tidak sesuai dengan agama dan keyakinan.

“Sekolah adalah miniatur kerukunan intern dan antar umat beragama, yang perlu ditanamkan adalah wawasan, sikap, dan kesadaran hidup rukun, damai, dan terbuka. Sehingga terbina persatuan di tengah kebhinekaan suku, budaya, dan agama,” papar Abdul Mu’ti.

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comSabtu, 06 Februari 2021 07:57
Komentar