Logo Header

Ini Respon Kemenag Soal Dosen UIN Alauddin Wajibkan Mahasiswa Bawa Bunga Saat Bimbingan

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comJumat, 05 Februari 2021 17:15
Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemenag Madrasah Muhammad Zain
Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemenag Madrasah Muhammad Zain

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Belum lama ini, viral seorang oknum dosen UIN Alauddin Makassar mewajibkan mahasiswa membawa bunga bila ingin menghadap untuk bimbingan skripsi.

Oknum dosen di Jurusan Farmasi UIN Alauddin Makassar tersebut meminta mahasiswanya membawa bunga saat dihubungi via pesan singkat untuk konsultasi skripsi.

Bunga yang dibawa harus sesuai yang dipesan oleh sang dosen. Jika tidak, konsultasi skripsi bisa batal. Hasil percakapan sang dosen dan mahasiswa itu pun viral setelah beredar luas media sosial.

Oknum dosen tersebut menjabat sebagai Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

Saat ini pihak kampus telah membentuk tim kecil untuk mengusut tuntas dugaan itu dan akan diproses di Komisi Disiplin Penegakan Etik Universitas.

Merespon kasus tersebut Direktur Guru dan Tenaga Pendidikan Madrasah Kementrian Agama (Kemenag) Muhammad Zain menyangkan tindakan seorang oknum dosen UIN Alauddin Makassar itu.

“Tentu kita menyayangkan kejadian seperti itu karena kampus ini kan adalah laboratorium peradaban atau tempat orang mencari ilmu pengetahuan,” kata Muhammad Zain dikutip detik Jumat, 5 Februari 2021.

Menurutnya, tugas dosen yakni melakukan transmisi ilmu pengetahuan kepada mahasiswa serta menanamkan karakter baik. Sehingga, apa yang dilakukan oleh oknum dosen tersebut berkebalikan.

Ia mempersilahkan tim dari UIN Makassar yang dibentuk untuk mengusut kasus itu bekerja. Ia turut mendukung penyelidikan atas dugaan pelanggaran kode etik.

“Iya dong (mendukung penyelidikan) karena ini bagian dari proses pembelajaran kita semua sebagai anak-anak bangsa,” ungkap Zain.

“Dosen menjadi teladan bagi para siswa atau mahasiswa memang kedepannya kita harus hati-hati dalam berperilaku karena akan menjadi profile bagi mahasiswa,” jelasnya.

Penulis : Ridwan
Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comJumat, 05 Februari 2021 17:15
Komentar