Logo Header

Viral Siswi Nonmuslim Dipaksa Pakai Jilbab, Denny Siregar: Itu Pelanggaran HAM

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comJumat, 22 Januari 2021 19:51
Denny Siregar/ net
Denny Siregar/ net

TEBARAN.COM, JAKARTA – Pegiat media sosial Denny Siregar mengomentari peristiwa yang dialami seorang siswi nonmuslim di sekolah SMK Negeri 2 Padang dipaksa memakai jilbab oleh pihak dari sekolah tersebut.

Peristiwa tersebut viral setelah dibagikan Elianu Hia di jejaring media sosial akun Facebook miliknya. Dia menayangkan video siaran langsung saat sedang berada di sekolah SMK Negeri 2 Padang.

Dalam video tersebut terlihat ada seorang pria yang diduga adalah guru sekolah SMK Negeri 2 Padang.

“Lagi di sekolah smk negri 2 padang,,saya di panggil karna anak saya tdk pakai jilbab,,kita tunggu aja hasil akhirnya,,saya mohon di doakan ya,” tulis Elianu dilihat Jum’at, 22 Januari 2021.

Selain itu, ia juga mengunggah selembaran kertas yang berisi tentang surat pernyataan. Tertanda siswi, Jeni Cahyani Hia, dan orang tuanya, Elianu Hia.

Terkait itu Denny Siregar mengatakan, sekolah negeri adalah sekolah untuk semua agama tidak bisa memaksakan siswi nonmuslim untuk berjilbab.

“Sekolah negeri adalah sekolah untuk semua agama, bukan sekolah agama,” tulis Denny di Twitter.

Menurut Denny tindakan pemaksaan siswi nonmuslim memakai jilbab adalah pelanggaran HAM.

“Memaksakan pemakaian jilbab di sekolah negeri, apalagi untuk yang non muslim, adalah pelanggaran hak asasi manusia. Betul, kan mas @nadiemmakarim ?,” katanya.

Cuitan sebelumnya, Denny juga menyebut peristiwa ini tak hanya terjadi di sekolah di Padang tapi sudah banyak tempat sekolah daerah lainnya.

“Sekolah negeri masa kini banyak yg sudah berubah menjadi sekolah agama. Pemaksaan jilbab, bahkan ke siswi yang non muslim, terjadi di banyak tempat,” ujarnya.

Dia pun meminta kepada Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim untuk bertindak tegas menyelesaikan proplem tersebut yang terjadi di sekolah

“Mas @nadiemmakarim harus mulai membereskan hal2 seperti ini. Kalau tidak, virus mrk akan semakin menyebar kemana2,” tutupnya.

Penulis : Ridwan
Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comJumat, 22 Januari 2021 19:51
Komentar