Logo Header

Gus Mis Dukung Anggota Polri Wajib Ngaji Kitab Kuning

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comKamis, 21 Januari 2021 20:41
Zuhairi Misrawi/ Gus Mis
Zuhairi Misrawi/ Gus Mis

TEBARAN.COM, JAKARTA – Politisi PDIP Zuhairi Misrawi atau yang dikenal sebagai Gus Mis mendukung langkah Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo akan mewajibkan anggota Polri mengaji kitab kuning.

Menurut intelektual muda NU itu, anggota Polri wajib mengaji kitab kuning untuk belajar moderasi beragama. Demikian disampaikan Gus Mis di akun Twitter miliknya @zuhairimizrawi, Kamis 21 Januari 2021.

“Yang saya pahami soal anggota Polri belajar kitab kuning adalah belajar moderasi beragama dari kitab kuning,”

“Ini penting sekali untuk mencegah infiltrasi ekstremisme beragama di tubuh polri. Dukung!,” kata Gus Mis.

Sebelumnya, Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan bakal mewajibkan anggota Polri untuk mengikuti kajian kitab kuning.

Menurut dia, mengaji kitab kuning salah satu cara untuk mencegah berkembangnya paham teroris. Hal itu pernah dilakukan ketika Listyo menjabat sebagai Kapolda Banten.

“Seperti di Banten, saya pernah sampaikan anggota wajib untuk belajar kitab kuning,” kata Listyo saat uji kelayakan dan kepatutan pada Rabu, 20 Januari 2021.

Listyo mengaku menyerap masukan dari para ulama untuk mencegah paham-paham radikal itu dengan mengikuti pengajian kitab kuning.

Ternyata, ia meyakini bahwa masukan-masukan dari para ulama ini benar adanya. Makanya, kajian kitab kuning ini akan dilanjutkan oleh Listyo setelah dilantik jadi Kapolri nanti oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Tentunya baik eksternal maupun internal, saya yakini bahwa apa yang disampaikan ulama itu benar adanya. Maka dari itu, kami akan lanjutkan. Tentu, kita kerja sama dengan tokoh agama, ulama untuk melakukan upaya pencegahan agar masyarakat tidak mudah terpapar ajaran-ajaran seperti itu,” ujarnya.

Saat ini, Komjen Listyo Sigit Prabowo telah disetujui menjadi Kapolri setelah menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

Keputusan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR pada Kamis 21 Januari 2021.

Penulis : Ridwan
Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comKamis, 21 Januari 2021 20:41
Komentar