Logo Header

Tengku Zul Soroti Pernyataan Gus Yaqut Soal ‘Kemenag Milik Semua Agama’ Tak Sesuai Kenyataan

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comKamis, 07 Januari 2021 22:38
Tengku Zul Soroti Pernyataan Gus Yaqut Soal ‘Kemenag Milik Semua Agama’ Tak Sesuai Kenyataan

TEBARAN.COM, JAKARTA – Mantan Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain baru menyoroti pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas soal “Kementerian Agama Milik Semua Agama”.

Tengku Zulkarnain menyampaikan kepada Menag Gus Yaqut sapaannya untuk tidak terlalu semangat. Kemudian ia mempertanyakan pernyataannya Gus Yaqut itu.

“Jgn terlalu semangat pak Menteri Agama. Anda bilang Kementerian Agama milik semua Agama?,” tulis Tengku Zulkarnain di akun Twitter miliknya Kamis, 7 Januari 2021.

Menurut Tengku pernyataan Gus Yaqut tidak sesuai dengan kenyataannya. Lantaran Kementerian Agama hanya mengurusi untuk Islam saja. Dia mencontohkan.

“Kenyataannya? Sekolah yg diurus hanya Sekolah Islam dari Ibtidaiyah sampai Perguruan Tinggi. Nikah, Talak, Rujuk, warisan hanya utk Islam. Ibadah ke tanah suci juga tdk ada Agama lain. Sadar?,” katanya.

Kemudian kata dia, Kementerian Agama juga hanya mengurus ziarah umroh dan haji bagi umat Islam. Giliran umat lain mau ke Betlehem, India, China dan lainnya tidak diurus Kementerian Agama.

“Jadi tidak usah merasa gerah jika Kementerian Agama lebih banyak mengurusi hal tentang umat Islam,
dr dulu begitu,” ungkap Tengku Zulkarnain.

Menurut Tengku, sejak zaman Belanda umat Islam dalam hal nikah, talak, rujuk, diurus Jawatan Agama Islam. Sementara Agama lain diurus di Dinas Catatan Sipil dan Pengadilan Negeri.

“Masalahnya apa Agama selain Islam mau pindah semua urusan ke Kementerian Agama?,” tanya Tengku.

Tengku Zulkarnain kemudian mengingatkan kembali Gus Yaqut untuk tidak terlalu bersemangat.

“Semangat perlu tapi baca Sejarah dan aturan,” ujarnya.

Lebih lanjut kata dia, Kementerian Agama dalam perjalanannya ikut mengurusi Agama selain Islam. Dan ada Dirjen Agama selain Islam di Kemenag. Meskipun secara kenyataan urusan Agama Islam lebih banyak.

“Wajar saja dari faktor Sejarah dan jumlah jiwa.
Islam 230 juta jiwa. 5 Agama lain hanya 37 juta,” bebernya.

Penulis : Ridwan
Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comKamis, 07 Januari 2021 22:38
Komentar