Logo Header

Wiku Adisasmito Sebut Indonesia Darurat Covid-19, Fadli Zon Langsung Colek Jokowi

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comRabu, 06 Januari 2021 09:29
Wiku Adisasmito Sebut Indonesia Darurat Covid-19, Fadli Zon Langsung Colek Jokowi

TEBARAN.COM, JAKARTA – Politisi Partai Gerindra Fadli Zon Fadli mencolek (mention) Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal Indonesia darurat Covid-19 seperti disampaikan Juru Bicara Pemerintah Covid-19 Prof Wiku Adisasmito bahwa perkembangan kasus positif Covid-19 mingguan memperlihatkan kembali kenaikan kasus.

Menurut Prof Wiku Kasus Covid-19 di Indonesia kenaikannya minggu ini sebesar 7,3 persen dibanding minggu sebelumnya. Indonesia mencatat penambahan kasus positif sebesar 7.445 pada Selasa 5 Januari 2021.

Kemudian jumlah kasus aktif atau pasien yang masih berjuang melawan Covid-19 pada saat ini sebanyak 110.693 atau 14,2 persen. Akibatnya jumlah ketersediaan tempat tidur rumah sakit (BOR atau Bed Occupation Rate) membludak, dan tenaga kesehatan menipis.

’’Jika dilihat dari tren perkembangannya, ICU dan isolasi makin meningkat dan mengkhawatirkan,’’ kata Prof Wiku dalam konferensi pers virtual Selasa 5 Januari 2021.

Di beberapa daerah, keterisian ICU dan Isolasi rumah sakit di daerah melebih 70 persen. Atau tersisa 30 persen saja. Yaitu di sejumlah provinsi seperti DKI Jakarta, Banten, Jogjakarta, Jawa Barat, Sulawesi Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, dan Sulawesi Tengah.

’’Hal ini jadi alarm bagi kita bahwa kita sedang dalam keadaan darurat yang ditandai dengan ketersediaan tempat tidur yang semakin menipis,’’ tegas Wiku. ’’Perlu dipahami bahwa masih tersisanya seidikt tempat tidur belum tentu bisa digunakan karena terbatasnya tenaga kesehatan,’’ tambahnya.

Menanggapi laporan tersebut Fadli Zon kemudian menyampaikan kepada pemerintah untuk memprioritaskan penanganan Covid-19 tersebut dengan mencolek Jokowi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

“Darurat Covid ini seharusnya menjadi prioritas dr semua hal saat ini. Rumah sakit penuh, tenaga medis terbatas. Byk yg kesulitan dpt rumah sakit. ⁦@jokowi⁩ ⁦@KemenkesRI⁩,” tulis Fadli Zon di Twitter pribadinya, Rabu 6 Januari 2021.

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.comRabu, 06 Januari 2021 09:29
Komentar