Logo Header

Kepada Wisudawan STIE Makassar Maju, Wagub Sulsel Motivasi Buka Peluang Lapangan Pekerjaan

Redaksi
RedaksiSabtu, 07 November 2020 18:57
Kepada Wisudawan STIE Makassar Maju, Wagub Sulsel Motivasi Buka Peluang Lapangan Pekerjaan

RAGAM.ID, MAKASSAR – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Makassar Maju melaksanakan Rapat Senat Terbuka Wisuda Sarjana Angkatan II Tahun Akademik 2019/2020.

Rapat senat terbuka ini, mewisuda sebanyak 40 mahasiswa Sarjana yang berlangsung di Hotel Dalton Makassar, Sabtu (7/11/2020).

Kepada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Makassar Maju yang baru saja wisuda, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan harapannya dan memotivasi.

“Saya mengucapkan selamat untuk seluruh wisudawan dan kepada orang tua berbahagialah dan teruslah memberikan motivasi dan memberikan kepercayaan bagi anak-anak dan bina mereka. Kita sudah banyak orang pintar yang kita butuhkan adalah orang-orang yang memiliki moral kepemimpinan, generasi memiliki moral akhlak,” ucapnya.

Menurut Andi Sudirman, bahwa setelah Sarjana, ini bukanlah akhir, namun awal dari sebuah perjuangan. Ini pun menjadi kebanggaan bagi keluarga, khususnya orang tua.

“Di mana kita setelah mengambil predikat itu, tentu diharapkan adik-adik sekalian bisa menjadi kebanggaan orang tua. Sebagai seorang anak, jangan memberikan kesedihan, bersikap sopan dan selalu mencintai orang tuanya.

Ia pun kembali mengingat masa-masa saat masih mengenyam pendidikan. Untuk mengurangi beban orang tuanya, dirinya pun berusaha mendapatkan beasiswa untuk menyelesaikan kuliahnya.

“Buatlah mereka (orang tua) bangga dalam hal persoalan agama dan juga dalam hal duniawi. Dengan berbuat baik dan bisa bermanfaat untuk orang sekitar,” katanya.

Dengan mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan, kata dia, agar bisa mengubah pola pikir.

“Artinya bagaimana mengubah proses transisi dari orang yang kemudian dalam memecahkan masalah, bagaimana beradaptasi dengan lingkungan, bagaimana dalam menghadapi masalah dan menyelesaikannya,” ungkapnya.

Dirinya pun berharap, lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Makassar Maju bisa membuka lapangan pekerjaan.

“Ketika semuanya mencari pekerjaan, maka siapa yang akan membuka lapangan pekerjaan. Pola sudah mengalami pergeseran, saat ini kita berpikir ke depan bagaimana untuk membuka lapangan pekerjaan,” pintanya.

Jika membuka peluang sebuah pekerjaan, dirinya mengingatkan, untuk merintis dan selalu terjun secara langsung dalam mengawasi dan menekuni usaha itu.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, lanjutnya, mengharapkan agar melihat dan mengambil peluang yang bisa bermanfaat untuk banyak orang dalam kondisi pandemi Covid-19 ini.

“Kami harapkan generasi-generasi ini mulailah melihat pandemi sudah mulai merajalela, mengubah tatanan hidup, kebiasaan dan lebih kepada pendekatan digital. Olehnya itu, kita berpikir agar adanya sistem teknologi yang bisa membantu peluang ekonomi khususnya bagi UMKM dan membangkitkan pasar-pasar tradisional,” ungkapnya.

“Ciptakan peluang dalam pandemi ini dengan pendekatan teknologi, mulailah kerjasama dengan korporasi yang mengenal teknologi, berikan solusi-solusi, pemikiran-pemikiran. Buatlah sesuatu out of the box, kalau bukan adik-adik sekalian siapa lagi generasi yang akan melakukannya,” pungkasnya.

Redaksi
RedaksiSabtu, 07 November 2020 18:57
Komentar