Logo Header

Jelang Lebaran, PerDIK Kembali Salurkan Paket Sembako Untuk Difabel Lansia

Nuri
Nuri Kamis, 21 Mei 2020 01:07
Jelang Lebaran, PerDIK Kembali Salurkan Paket Sembako Untuk Difabel Lansia

RAGAM.ID, MAKASSAR – Badan Pengurus Pergerakan Difabel Indonesia untuk Kesetaraan (PerDIK), kembali mengunjungi kediaman para keluarga difabel lansia terdampak darurat COVID-19 di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, Rabu, 20 Mei 2020.

Kunjungan ini bertujuan untuk menyalurkan paket sembako dan sejumlah uang tunai yang telah diamanahkan oleh para donatur kepada PerDIK.

Dalam pendistribusian paket sembako gelombang kelima ini, PerDIK bekerjasama dengan Dewan Pengurus Daerah Persatuan Tunanetra Indonesia Propinsi Sulawesi Selatan; Dewan Pengurus Cabang Gerkatin Kota Makassar; dan Perhimpunan Mandiri Kusta Kabupaten Gowa; serta Difabel Community Of Gowa.

Direktur PerDIK, Rahman Gusdur, menyampaikan bahwa berkat Sistem Informasi Data Disabilitas Bersama. PerDIK bersama dengan organisasi disabilitas yang lain seperti PerTUNI, Gerkatin, PerMaTa dan Difabel Community of Gowa, dapat menggalang dana publik untuk membantu Keluarga difabel lanjut usia.

Gusdur Melanjutkan, untuk pendistribusian gelombang kelima ini, ada 70 keluarga difabel di kota Makassar dan Kabupaten Gowa yang mereka Sasar.

“Kalau dijumlahkan dengan pendistribusian Sebelum-sebelumnya, Kami sudah menyalurkan paket sembako dan sejumlah uang tunai terhadap 203-an keluarga difabel lanjut usia di Makassar dan Gowa” jelas Gusdur.

“Di awal, berdasarkan data yang kami miliki, kami menargetkan 290 difabel lanjut usia akan mendapatkan dukungan pangan utama dan uang tunai. Pencapaian hingga sejauh ini besar kemungkinan kami mencapai target,” lanjut Gusdur di sela-sela distribusi paket sembako di Makassar dan Gowa.

Jika merujuk kepada publikasi PerDIK, maka secara berturut-turut PerDIK telah menyalurkan 30 paket pada gelombang pertama, lalu berturut-turut adalah 33 paket, 20 paket, 50 paket dan 70 paket hari ini.

Mengenai donatur, Gusdur menyampaikan bahwa selain berasal dari orang perorangan, PerDIK sejauh ini telah menerima donasi dari beberapa komunitas dan perusahaan.

Menurut Gusdur, Perdik mendapat sambutan yang lumayan baik dari masyarakat. Orang-orang baik terus mengirim donasi. Ada yang memberi sumbangan berupa uang, ada pula kawan-kawan yang mengirim barang ke rumah perdik.

Teman-teman difabel lain, yang sedang terjepit juga di keadaan siaga covid 19 ini, banyak yang baik hati turut menyumbang

“Jumat lalu, Kami menerima donasi berupa uang tunai sebesar sebelas juta enam ratus ribu rupiah dari Komunitas Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Australia, yang telah kami belikan paket sembako dan vitamin. Selain itu, Hari ini juga kami menerima tambahan 20 paket dari Alumni SMANSA Makassar” lanjut Gusdur.

Penggalangan donasi dan penyaluran sudah PerDIK lakukan sejak 25 maret 2020, dan akan PerDIK lakukan hingga 29 Mei nanti, saat respon darurat Covid-19 berakhir.

“Selain Uang, Perdik juga menerima donasi Rempah-rempah dan Rimpang. Semua itu bisa dikemas menjadi bermacam suplemen kesehatan bagi peningkatan daya tahan tubuh orang lanjut usia, khususnya difabel lansia. Kami punya belasan racikan untuk itu,” tutup Gusdur(*)

Nuri
Nuri Kamis, 21 Mei 2020 01:07
Komentar