Logo Header

Tiga Tokoh Politik Indonesia Timur Dilirik Ganjar: Andi Amran Sulaiman, SYL Hingga Isran Noor

Jusrianto
Jusrianto Selasa, 17 Mei 2022 20:24
Andi Amran Sulaiman.
Andi Amran Sulaiman.

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Pengamat politik, Mulawarman menyampaikan peluang Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), Andi Amran Sulaiman, Isran Noor masuk dalam pusaran Pilpres 2024 sangat terbuka.

iklan

Menurutnya, jika Ganjar Pranowo–yang kini menempati puncak survei elektabilitas–bakal calon presiden, mendapat kesempatan bertarung di Pilpres, maka Ganjar Pranowo akan menggandeng tokoh dari Indonesia Timur.

“Ganjar meyakini, dia akan berpeluang memenangkan Pilpres jika bergandengan tokoh dari kawasan timur Indonesia. Yah, saya dapat bocoran, untuk saat ini, ada tiga nama tokoh yang dilirik oleh tim Ganjar, yakni SYL, AAS dan Isran Noor,” kata Mulawarman saat ditemui di Kedai Kopi Phunam, Jalan Boeulevar Makassar, Selasa (17/5/2022).

Dia menambahkan, dari tiga tokoh tersebut, ada kecenderungan Ganjar Pranowo memilih SYL karena soal kapasitas SYL dan pengalaman SYL di pemerintahan, merintis karier dari bawah, mulai dari Lurah, Camat, Bupati dan Gubernur serta jadi Menteri.

Selain dari rekam jejak karier, kata dia, SYL juga bisa mengambil suara mayoritas dari Papua karena memiliki kedekatan emosional dengan tokoh adat Papua dan warga Bugis Makassar yang ada di Papua, yang sudah lama berasimilasi dan menjadi bagian dari penduduk asli.

Mulawarman juga mengungkapkan, SYL pernah menjadi ketua Asosiasi Gubernur, dan saat itu, dia mampu mengorganisir dan mengonsolidasi urusan lintas regional, termasuk membantu Gubernur DKI, Joko Widodo, saat membutuhkan ketersediaan pangan warga DKI.

“Itu yang buat SYL punya daya pikat di bursa Pilpres untuk dijadikan pasangan. Hanya saja, SYL harus mengenali potensinya sendiri, terutama meluaskan lingkaran pengaruhnya, misalnya bergaul dengan influencer di wilayah DKI dan Jawa Barat. Sekali-sekali ke warkop bersama tokoh Jabar di Bandung, jangan cuman di Makassar tebar pesonanya, kan banyak tuh influencer yang memiliki pengaruh kuat di Jabar,” ujarnya.

Alumni Fakultas Ekonomi Unhas ini juga menyebutkan nama Menteri Pertanian Periode 2014-2019, Andi Amran Sulaiman (AAS), juga dilirik oleh ganjar Pranowo.

Menurut Mulawarman, saat ini Amran Sulaiman kembali bersinar setelah menjadi Ketua Umum IKA Unhas menggantikan Jusuf Kalla.

Apalagi, kata dia, IKA Unhas saat ini kembali

menjadi wadah yang seksi, memiliki 900 orang pengurus yang tersebar di seantero nusantara.

“Kalau mampu memanaje alumni Unhas, bukan hal yang tak mungkin AAS bisa menjadi pelanjut JK di elite nasional dan internasional. Ingat, Alumni Unhas itu potensinya besar, sisah dikelolah baik-baik dan dimanaje untuk menjadi energi positif. Tidak dimanaje saja, mereka punya potensi, apalagi kalau berhasil dikonsolidasi, dahsyat bos,” terang wartawan yang memiliki gelar ‘si Kancil’ itu.

Selain menyebut nama SYL dan AAS, Mulawarman juga menyebutkan Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, sebagai representasi tokoh Indonesia Timur. Sebelum menjadi Gubernur, ujar Mulawarman, Isran Noor adalah pengusaha nasional dan tokoh yang berkelas.

Isran Noor punya jejaring di tingkat nasional, baik jejaring usaha maupun jejaring politiknya. Hanya bedanya, Irsan bekerja silent, tidak gembar gembor, namun terasa efeknya,” ucapnya.

Apapun hasil akhir dari dinamika politik di puncak Pilpres nanti, Mulawarman mengharapkan tokoh Indonesia Timur terus saja berkarya dan membangun citra positif.

Arus politik di tahun 2024 akan kembali kepada siklus politik pada era 2004, di mana figur tokoh dari kawasan Timur Indonesia menjadi boster (pendorong) elektoral kandidat.

“Ini kesempatan bagi semua tokoh Indonesia Timur memberi sumbangsih yang besar bagi negeri ini di Pilpres mendatang. Jadi perbaiki kerja dan jangan buat kesalahan fatal,” pungkasnya.

Jusrianto
Jusrianto Selasa, 17 Mei 2022 20:24
Komentar