Logo Header

Diskominfor Makassar Gelar Diskusi, Menata Kesiapan OPD Menuju Era Metaverse

Jusrianto
Jusrianto Kamis, 28 April 2022 20:13
Diskusi Kominfo Makassar.
Diskusi Kominfo Makassar.

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar kembali menggelar penyelenggaraan hubungan masyarakat, media dan kemitraan komunitas (Mayor Corner), di Hotel Four Point By Sheraton, Makassar, Kamis (28/4/2022).

iklan

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Menata Kesiapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Menuju Era Metaverse” dengan menghadirkan para pekerja media, blogger, dan mitra komunikasi Diskominfo Kota Makassar.

Mewakili Walikota Makassar, Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan Kota Makassar, Irwan Bangsawan menyampaikan bahwa peran media sangat penting bagi keberlangsungan proses pembangunan daerah.

“Peran media perlu membackup OPD di kota Makassar demi percepatan pembangunan, kalau tidak ada media maka visi misi dan proses pembangunan kita juga akan terasa hambar,” ujarnya.

Karena itu, di era kepemimpinan Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto agar seluruh OPD harus melek digital dan menjaga kemitraan dengan media, agar proses pembangunan dan visi-misi Makassar kedepan sesuai dengan rencana.

“Oleh sebab itu walikota menganggarkan kembali untuk beberapa SKPD agar proses jalannya pemerintahan di kota Makassar bisa berjalan sesuai rencana dengan di backup oleh media,” terang Irwan.

“Kita melihat visi misi dan kinerja walikota harus selaras dengan semua SKPD, begitu juga dengan media. Kalau ada salah satunya yang berjalan di tempat pasti rencana pembangunan kedepan akan lambat,” cetusnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) War Room Pemkot Makassar, Yamlikh Azikin yang hadir sebagai narasumber memaparkan, saat ini kesiapan sumber daya manusia (SDM) di lingkup Pemerintah Kota Makassar sudah beradaptasi dengan program Walikota Makaverse.

“Saya rasa bisa belajar sambil membangun, jadi makaverse yang di canangkan oleh walikota tujuannya untuk membangun dulu platformnya ketika kontennya sudah jadi, kita akan melatih atau mensosialisasikan cara penggunaan Metaverse tersebut,” jelasnya.

Tahap pertama dalam mewujudkan makaverse, kata Yamlikh, dengan membangun infrastruktur secara virtual dulu, nantinya pelatihan SDM untuk menggunakan teknologi secara bertahap atau secara bersamaan.

“Nah, jika semua SDM kita bisa menguasai era seperti itu maka, secara bertahap kita akan turun ke masyarakat untuk mensosialisasikan bagaimana sebenarnya kerja-kerja Makaverse kedepan,” pungkasnya.

Jusrianto
Jusrianto Kamis, 28 April 2022 20:13
Komentar