Logo Header

Go Internasional, Yuk Daftar Magister dan Doktor Melalui PKU-MI, Biayanya Ditanggung Negara

Ridwan
Ridwan Kamis, 28 April 2022 06:28
Go Internasional, Yuk Daftar Magister dan Doktor Melalui PKU-MI, Biayanya Ditanggung Negara

TEBARAN.COM, JAKARTA – Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal (PKU-MI) bersiap go internasional.

iklan

Hal Ini disampaikan Nasaruddin Umar, penggagas program tersebut, dalam acara bertajuk “Berkah Ramadhan” yang digelar Generasi Muda Nahdlatu Ulama (GMNU) Indonesia Timur secara virtual pada Rabu, 27 April 2022.

Pendidikan Kader Ulama satu satunya program di dunia yang diinisiasi Masjid Istiqlal juga akan melakukan study banding ke beberapa luar negeri terkemuka go internasional,” kata Imam Besar Masjid Istiqlal itu.

Pihaknya mengklaim bahwa program yang digagasnya itu baru pertama di dunia, meski di luar sana banyak yang melaksanakan program serupa, namun berbeda.

Menurut Nasaruddin Umar, Pendidikan Kader Ulama yang dilakukan di tempat lain kebanyakan kursus kader ulama, bukan Pendidikan Kader Ulama yang semestinya.

Ia menerangkan, Pendidikan Kader Ulama yang dilakukannya kolaborasi Masjid Istiqlal, Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Keuntungan bagi yang mengikuti Pendidikan Kader Ulama, kata Nasaruddin Umar. Pertama akan memperoleh gelar magister dan doktor yang terakreditasi secara nasional.

Kedua, akan mendapatkan dua ijazah, ijazah yang akan dikeluarkan oleh Masjid Istiqlal sebagai penyelenggara, kemudian ijazah yang dikeluarkan negara melalui PTIQ sebagai penyelenggaran pendidikan tinggi.

“Output dari dari PKU akan memiliki 12 M karakter yaitu menguasai mihrab (imam); menguasai mimbar (pendakwah); menguasai menara masjid (muadzin); menguasai MTQ; majelis ta’lim; ma’had tahfis Quran; militer (rohis di militer banyak diambil dari PTIQ); menguasai maqabir (pemakaman dan takziyah); musabaqah; Majelis Ulama Indonesia (anggota); dll,” ungkap Nasaruddin Umar.

Ia menegaskan, Pendidikan Kader Ulama terbuka untuk siapa saja dan dari ormas apa saja, namun tidak untuk mereka yang memiliki afiliasi dengan organisasi terlarang seperti HTI dan organisasi terorisme.

Direktur PKU-MI Prof Dr KH Ahmad Thib Raya juga mengatakan bahwa Pendidikan Kader Ulama adalah satu-satunya di dunia yang mengintegrasikan antara Pendidikan Kader Ulama dengan pendidikan formal perguruan tinggi dan dibiayai secara full oleh negara.

Olehnya, ia mengajak masyarakat untuk mendaftarkan diri mengikuti Pendidikan Kader Ulama/Perempuan jenjang magister dan doktor yang bakal dibuka Juli mendatang.

“Oleh karena itu, silahkan sahabat-sahabat untuk mempersiapkan diri, khususnya kemapuan bahasa Arab dan bahasa Inggris,” terang Guru Besar UIN Jakarta itu.

Pogram tersebut, dilaksanakan secara offline dengan memperhatikan protokoler kesehatan. Sebab Pendidikan Kader Ulama ini memiliki program yang sangat padat yaitu mengikuti program pendidikan di PTIQ dan pendidikan ke-ulama-an di Masjid Istiqlal.

“PNS juga biasa mengikuti program ini dengan syarat membuat surat ijin belajar dari instansi yang bersangkutan,” tambah Ahmad Thib Raya.

Ridwan
Ridwan Kamis, 28 April 2022 06:28
Komentar