Logo Header

Bertemu Dubes Spanyol, Wapres Harapkan Peningkatan Kerjasama Investasi

Jusrianto
Jusrianto Senin, 18 April 2022 20:54
Wapres RI, Ma'ruf Amin saat bertemu Dubes Spanyol.
Wapres RI, Ma'ruf Amin saat bertemu Dubes Spanyol.

TEBARAN.COM, JAKARTA – Spanyol merupakan salah satu negara mitra strategis Indonesia di Eropa. Hubungan bilateral kedua negara sudah terjalin baik sejak 1958, diikuti dengan kerjasama yang stabil dalam berbagai bidang, khususnya perdagangan.

iklan

Namun demikian, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menilai bahwa potensi kedua negara masih berpeluang besar untuk dimanfaatkan secara optimal. Salah satunya kerjasama dalam bidang investasi.

“Dalam bidang investasi, masih banyak yang dapat dilakukan investor Spanyol di Indonesia,” tutur Wapres saat menerima audiensi Duta Besar Kerajaan Spanyol untuk Indonesia Francisco Aguilera Aranda di Kantor Wapres, Jl. Medan Merdeka Utara No. 15, Jakarta Pusat, Senin (18/04/2022).

Lebih lanjut, Wapres menyebutkan bahwa investasi di Indonesia tidak hanya untuk memperoleh pasar domestik dan regional yang besar, namun sekaligus memiliki potensi ekonomi yang terus berkembang.

“Saya senang Yang Mulia Duta Besar menjelaskan bahwa banyak investor Spanyol kini mulai menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk mengembangkan rantai pasok global,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Wapres juga meminta adanya peningkatan kerjasama Indonesia – Spanyol dalam bidang kedirgantaraan dan maritim.

“Saya juga mengusulkan untuk membangun kembali kerjasama kedua negara di bidang teknologi kedirgantaraan dan pengembangan kapal laut,” ungkapnya.

Terakhir, Wapres mengharapkan jalinan persaudaraan masyarakat Indonesia dan Spanyol dapat terus ditingkatkan, misalnya melalui penguatan dialog keagamaan dan budaya, serta kerjasama pendidikan.

“Kita juga perlu bekerjasama untuk memperkuat saling pengertian antarnegara dan masyarakat termasuk perkuat dialog antaragama, antarbudaya dan kerjasama pendidikan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Dubes Aguilera mengungkapkan bahwa salah satu aspek penting dalam hubungan Indonesia – Spanyol adalah peningkatan kerjasama ekonomi.

“Salah satu peran penting Spanyol adalah melalui perusahaan-perusahaan besarnya yang telah beroperasi di Indonesia sejak lama dan juga melalui hubungan dagang,” ujarnya.

Ke depan, Aguilera menjanjikan bahwa Spanyol akan lebih banyak lagi impor produk-produk lainnya dari Indonesia.

“Sebaliknya kami juga mengundang pengusaha-pengusaha Indonesia untuk mengeksplorasi produk-produk Spanyol yang kiranya bisa diimpor ke Indonesia, dan juga dalam rangka memanfaatkan perjanjian perdagangan yang telah dimiliki yaitu CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement) antara Uni Eropa dan Indonesia,” pintanya.

Pada 2022 ini, menurut Aguilera, banyak perusahaan Spanyol yang tertarik untuk berinvestasi pada proyek-proyek yang ditawarkan pemerintah Indonesia.

“Ada beberapa juga proyek bilateral yang sedang berkembang salah satunya terkait dengan keamanan siber (cyber security) dan juga terkait dengan patroli keamanan maritim,” ungkapnya.

Untuk itu, ia pun meminta agar pemerintah Indonesia dapat terus memberikan dukungan dan atensi agar kerjasama tersebut terus berjalan dengan baik.

“Kami mengharapkan dukungan pemerintah Indonesia untuk bisa mendukung partisipasi perusahaan-perusahaan Spanyol tersebut,” harapnya.

Hadir mendampingi Dubes Aguilera, Wakil Dubes Maria Prada Gonzalez dan Konselor Ekonomi Aitana Araceli Miguez Cillero.

Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Hukum Satya Arinanto, Staf Khusus Wapres Bidang Infrastruktur dan Investasi Sukriansyah S. Latief, Staf Khusus Wapres Bambang Widianto, Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Lukman Hakim Siregar, serta Direktur Eropa I Kementerian Luar Negeri Widya Sadnovic.

Jusrianto
Jusrianto Senin, 18 April 2022 20:54
Komentar