Logo Header

Mantan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Dkk Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin Bandung

Ridwan
Ridwan Jumat, 17 Desember 2021 13:53
Nurdin Abdullah. (Foto: Media Indonesia)
Nurdin Abdullah. (Foto: Media Indonesia)

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Mantan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

iklan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjebloskan Nurdin Abdullah ke Lapas Sukamiskin, Bandung bersama anak buahnya Edy Rahmat.

Eksekusi dilakukan atas putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar Nomor: 45/Pid.Sus-TPK/2021/PN.Mks tanggal 29 November 2021.

“Eksekusi terpidana Nurdin Abdullah dkk. ke Lapas Sukamiskin,” ujar Plt. Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, Kamis, 16 Desember 2021.

Nurdin akan menjalani pidana penjara selama 5 tahun karena terbukti menerima suap dan gratifikasi terkait sejumlah proyek di Sulsel.

Selain itu, Nurdin juga dihukum denda Rp500 juta subsidair 4 bulan kurungan. Ia juga dihukum membayar uang pengganti sebesar Rp2,18 miliar dan Sin$350 ribu.

Jika tidak dibayar dalam waktu satu bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap (inkrah), maka harta bendanya disita dan dilelang oleh jaksa. Apabila harta bendanya tak menutupi uang pengganti, akan diganti dengan pidana penjara 10 bulan.

Sementara Edy Rahmat akan menjalani hukuman 4 tahun penjara, dan penjatuhan pidana denda sebesar Rp200 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 2 bulan.

Sebelumnya, Nurdin divonis 5 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsidair 4 bulan kurungan. Ia juga dihukum dengan pidana uang pengganti sebesar Rp2,18 miliar dan Sin$350 ribu.

Tak hanya itu, hak politik Nurdin juga dicabut selama 3 tahun setelah selesai menjalani masa pidana pokok 5 tahun penjara.

Nurdin Abdullah dinilai terbukti menerima suap dan gratifikasi mencapai Rp13 miliar terkait proyek di wilayahnya.

Ridwan
Ridwan Jumat, 17 Desember 2021 13:53
Komentar