Logo Header

Syamsuddin Raga Gelar Sosper Retribusi Persampahan

Jusrianto
Jusrianto Rabu, 15 Desember 2021 19:32
Syamsuddin Raga saat menggelar Retribusi Persampahan.
Syamsuddin Raga saat menggelar Retribusi Persampahan.

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Anggota DPRD Makassar Syamsuddi Raga menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) no. 11 tahun 2011 tentang Retribusi pelayanan persampahan atau kebersihan di Grand Town, Rabu (15/12/2021).

iklan

Menurutnya, pembayaran retribusi memiliki banyak manfaat untuk masyarakat itu sendiri. Salah satunya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Jika pembayaran lancar, anggaran tersebut akan dipakai untuk pembelian bahan bakar angkutan sampah sehingga manfaatnya dirasakan kembali oleh masyarakat.

“Menargetkan PAD 2 Triliun lebih, PJB, PBB, restoran, inilah terobosan muaranya pad. Apabila pad bertambah kesejahteraan bisa bertambah,” ungkapnya.

Dengan adanya Sosper ini, Syamsuddin Raga berharap semakin banyak masyarakat yang sadar pentingnya masalah retribusi persampahan dan semakin sadar dengan masalah sampah.

“Lebih banyak masyarakat paham dan sadar mengenai persampahan,”pungkasnya.

Sementara, pemateri dalam sosper ini, Sekcam Biringkanaya Darmawan menekankan pentingnya keberadaan bank sampah.

Bank sampah dinilai mampu menekan jumlah sampah yang masuk di TPA Tamangapa.

“Kondisi saat ini, TPA Tamangapa, luas 19,1 hektar kemudian kita kurang 350 truk sampah. Sampah yang masuk TPA hari ini 1000 – 1100 ton per hari,”katany.

Selain mengurangi sampah di TPA, bank sampah juga bisa mendatangkan nilai ekonomi bagi masyarakat. Sehingga dirinya meminta agar bank sampah diaktifkan kembali.

“RT RW hampir seribu memiliki bank sampah tahun 2019, sekarang yang aktif 330an bank sampah yang aktif,”pungkasnya

Jusrianto
Jusrianto Rabu, 15 Desember 2021 19:32
Komentar