Logo Header

Citra Positif dalam Berbisnis Daring Perkuat Loyalitas Pelanggan

Jusrianto
Jusrianto Rabu, 24 November 2021 18:13
Webinar Indonesia #makincakapdigital 'Tips dan Trik Jualan Online'.
Webinar Indonesia #makincakapdigital 'Tips dan Trik Jualan Online'.

TEBARAN.COM, BOLAANG M TIMUR – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 24 November 2021 di Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Kegiatan dengan tema “Tips dan Trik Jualan Daring” ini diikuti oleh 957 peserta dari berbagai kalangan.

Program kali ini menghadirkan empat narasumber yang terdiri dari Pendiri Sekawan ID dan Pegiat UMKM, Reza Purwantara Firdaus; Duta Ekonomi Syariah Gorontalo, Prasetyo Sumba; Koordinator Gerakan Pandai Unitomo, Anik Vega Vitianingsih; dan Pemengaruh, Yoland Pratama.

Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Ady Putong selaku jurnalis. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Pemateri pertama adalah Reza Purwantara Firdaus yang membawakan materi “Strategi Digital Marketing untuk Petani dan Nelayan di Tengah Pandemi Covid-19”.

Menurut dia, beberapa kendala pemasaran produk pertanian dan perikanan secara daring antara lain rantai distribusi yang terlalu panjang, ketergantungan terhadap tengkulak, serta kurangnya akses IT dan sarana infrastruktur.

“Pemerintah mesti membangun ekosistem kolaboratif dengan berbagai pihak, mempercepat pembangunan infrastruktur teknologi serta SDM yang handal untuk mewujudkan transformasi digital agribisnis,” ungkapnya.

Berikutnya, Prasetyo Sumba menyampaikan materi berjudul “Etika Pemasaran Produk Lokal di Toko Daring”.

Ia mengatakan, prinsip-prinsip kejujuran, ketepatan, loyalitas dan kedisiplinan harus dipegang teguh dalam memasarkan produk di toko daring.

“Jadilah produsen yang menjalankan usaha dengan beretika agar diterima masyarakat luas, dipercaya konsumen dan memiliki citra positif,” pesannya.

Sebagai pemateri ketiga, Anik Vega Vitianingsih membawakan tema “Peran Literasi Digital untuk Mengubah Pola Pikir Konsumtif Menjadi Lebih Produktif”.

Menurut dia, peningkatan daya literasi digital dapat dicapai dengan meningkatkan pengetahuan dalam penggunaan serta pemanfaatan perangkat teknologi digital secara maksimal dan bijaksana.

“Dengan begitu kita dapat kreatif, produktif dan kritis berinternet serta mampu mengendalikan hasrat konsumtif,” ujarnya.

Adapun Yoland Pratama, sebagai pemateri terakhir, menyampaikan tema “Main Aman Saat Belanja Daring”.

Ia mengatakan, agar aman bertransaksi digital, pilihlah toko daring yang terpercaya, cermat dalam memahami deskripsi produk dan kebijakan, waspadai harga yang terlalu murah, gunakan metode pembayaran paling aman serta simpan bukti transaksi.

“Pastikan juga keamanan perangkat dan jangan membagikan data pribadi yang sensitif,” ingatnya.

Setelah pemaparan materi oleh semua narasumber, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu moderator.

Antusias para peserta yang mengirimkan banyak pertanyaan kepada para narasumber dihargai panitia dengan memberikan uang elektronik senilai Rp 100.000 bagi 10 penanya terpilih.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi.

Salah satu pertanyaan menarik peserta di antaranya tentang bagaimana jika data pribadi kita digunakan orang lain tanpa sepengetahuan kita.

Narasumber menjelaskan bahwa terdapat banyak payung hukum yang melindungi hak kita atas data-data pribadi. Penggunaan data pribadi oleh orang lain tanpa ijin dari kita termasuk pelanggaran hukum dan dapat diproses lebih lanjut.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.

Jusrianto
Jusrianto Rabu, 24 November 2021 18:13
Komentar