Logo Header

Curi Kendaraan Dinas, 3 Anggota Polres Palopo Dihukum

Ridwan
Ridwan Selasa, 16 November 2021 03:00
Ilustrasi Polisi
Ilustrasi Polisi

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Viral sebuah postingan di Facebook soal anggota Polres Palopo melakukan pencurian kendaraan dinas. Postingan itu diunggah oleh akun Wong Aksan yang diketahui milik seorang anggota polisi bernama, Aipda A.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Dalam postingannya, Aipda A menganggap kalau dirinya dimutasi karena telah melaporkan dugaan Anggota Polres Palopo mencuri kendaraan dinas ke Propam Polda Sulsel. Aipda A kecewa dimutasi karena pelaku yang dilaporkan tidak dimutasi dan baik-baik saja.

Namun Pjs Kabid Humas Polda Sulsel AKBP Usman Hamzah membantah postingan Aipda A. Ia menegaskan bahwa ketiga porsenil Polres Palopo yang diduga terlibat mempreteli Kendaraan Dinas milik Polres Palopo pada Maret 2021 lalu telah ditindak tegas Propam Polda Sulsel.

“Ya pelanggaran ini kasus lama, para personil tersebut telah dilakukan pemeriksaan dan sidang disiplin dalam pelanggaran disiplin yang digelar bulan Maret lalu,” kata Usman kepada wartawan di Makassar, Senin, 15 November 2021.

Usman menyebut para pelaku, yakni (AH ) pejabat Sarpras dengan hukuman disiplin teguran tertulis, sedangkan (ZK) dan (AD) dengan hukuman disiplin penempatan pada tempat khusus selama 21 hari.

“Saya juga tegaskan bukan mencuri namun mempreteli beberapa bagian dari kendaraan dinas Polres Palopo yang akan dilelang melalui KPKNL Palopo pada tahun 2020 dengan tujuan agar tidak ada peminat terhadap kendaraan yang dilelang dan para personil dilakukan tindakan disiplin,” jelas Usman.

Terkait Aipda A, Usman menuturkan yang bersangkutan dulunya merupakan personil Polres Palopo, karena adanya mutasi dari Polda Sulsel tanggal 29 Oktober 2021 yang bersangkutan pindah ke Polres Tana Toraja.

“Perihal mutasi Aipda A itu tidak ada hubungan dengan Postingan di facebook, mutasi itu hal biasa di Polri, untuk penyegaran tugas,” terang Usman.

Usman juga mengungkap bahwa Aipda A yang membuat postingan tuduhan pencurian kendaraan dinas Polres Palopo di medsos Facebook ini, juga pernah terlibat pengrusakan terhadap 1 unit kendaraan motor trail Sat Samapta merk Kawasaki KLX dengan cara mereteli bagian rem depan dan belakang hilang, as roda hilang, cover motor telah diganti.

“Selain itu Aipda A ini juga pernah menjalani beberapa sidang disiplin, diantaranya berkata kasar dan kasus melakukan penarikan mobil leasing pada tahun 2017 dan pernah dijatuhi hukuman penempatan pada tempat khusus selama 21 hari,” pungkasnya.

Ridwan
Ridwan Selasa, 16 November 2021 03:00
Komentar