Logo Header

Tingkatkan Literasi Digital, jadi Pemasar Andal di Era 4.0

Jusrianto
Jusrianto Rabu, 10 November 2021 17:26
Webinar Indonesia #makincakapdigital 'Tips dan Trik Jualan Online'.
Webinar Indonesia #makincakapdigital 'Tips dan Trik Jualan Online'.

TEBARAN.COM, BITUNG – Sebanyak 807 peserta di Bitung, Sulawesi Utara antusias mengikuti Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual (10/11).

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Tips dan Trik Jualan Online”.

Program kali ini menghadirkan empat narasumber yang terdiri dari Country Manager Financer.com sekaligus pendiri dan CEO Mentari Digital Media, Mentari Rahman; dosen Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi, Reynaldo Joshua Salaki; dentistry dan KOL, Ravianka Calista; dan digital enthusiastic, Jouvie Novita Rompis.

Adapun sebagai moderator adalah Ady Putong selaku jurnalis. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan 57.550 peserta.

Pemateri pertama adalah Mentari Rahman yang menyampaikan tema “Strategi Digital Marketing untuk Petani dan Nelayan di Tengah Pandemi Covid-19”.

Menurut dia, yang harus dilakukan dalam pemasaran online tentu pertama adalah membuat akun media sosial, promosi lewat iklan berbayar, buat website, gunakan jasa pemengaruh, buat akun jualan di lokapasar, dan giveaway serta Instagram Ads.

Berikutnya, Reynaldo Joshua Salaki membawakan tema “Digital Ethics – Etika Pemasaran Produk Lokal di Toko Online”.

Ketika ingin menjadi pemasar online, ada panduan etika, di antaranya ramah, keamanan privasi, responsif, jujur, menyapa, dan mengemas produk dengan baik.

“Solusi toko online dibobol atau disusupi hal tidak etis yaitu analisis, laporkan, evaluasi, dan hati-hati,” kata Reynaldo.

Adapun pemateri ketiga, Ravianka Calista menyampaikan tema “Peran Literasi Digital untuk Mengubah Mindset Konsumtif menjadi Produktif”.

Marketplace menawarkan kemudahan dalam berbelanja. Namun, perlu diperhatikan beberapa tips belanja, di antaranya pilih yang tepercaya, periksa deskripsi produk, perhatikan ulasan, jangan tergiur harga murah, lakukan transaksi melalui rekening bersama, gunakan metode COD, dan lacak terus pengiriman.

Sebagai pemateri terakhir, Jouvie Novita Rompis membawakan tema “Main Aman saat Belanja Online: Cerdas dan Aman saat Berbelanja Online”.

Ada beberapa kekurangan belanja online yang harus disadari konsumen, di antaranya barang tidak sesuai tampilan, biaya ongkos kirim, dan barang rusak dalam pengiriman.

“Langkah jika akun/kartu dibobol yaitu lapor ke pihak terkait, lapor ke perusahaan, lapor ke polisi, lapor ke BI, menulis surat pembaca dan selalu lindungi data pribadimu,” ucapnya.

Setelah pemaparan materi oleh semua narasumber, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu moderator.

Terlihat antusiasme dari para peserta yang mengirimkan banyak pertanyaan kepada para narasumber.

Salah satunya, “Menurut Kak Reynaldo, strategi etika bisnis seperti apa yang digunakan dalam mempertahankan konsumen di masa Covid?” tanya Resila Humaira kepada Reynaldo Joshua Salaki.

“Kalau kita mau mulai suatu bisnis kita harus perhatikan tiga poin, produk apa yang mau dijual sehingga dapat menentukan market, harga lakukan riset kecil-kecilan, dan berkaitan dengan distribusi dan promosi platform apa yang akan kita gunakan. Etika yang perlu diperhatikan dalam berjualan online agar orang-orang ini nggak lari. Di antaranya responsif, ramah, promosi lewat foto, video. Poin penting adalah kejujuran, barang yang dideskripsikan sesuai aslinya,” jawab Reynaldo.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.

Jusrianto
Jusrianto Rabu, 10 November 2021 17:26
Komentar