Logo Header

Menpora Sebut Sulsel Masuk 10 Daerah Pembibitan Atlet Berdasarkan DBON

Ridwan
Ridwan Senin, 08 November 2021 11:34
Menpora Sebut Sulsel Masuk 10 Daerah Pembibitan Atlet Berdasarkan DBON

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Provinsi Sulawesi Selatan menjadi daerah pertama tempat pelaksanaan sosialisasi Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Sosialisasi DBON dipusatkan di Hotel Myko Makassar selama tiga hari yakni Minggu – Selasa (7-9 November 2021). Pembukaan sosialisai DBON di Makasaar dihadiri langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali.

Sesuai amanah Perpres, sosialisasi tersebut melibatkan seluruh stakeholder keolahragaan mulai Pemerintahan Provinsi/Kota/Kabupaten, KONI Provinsi, NPCI Provinsi, Pengurus Provinsi Cabang Olahraga, Perguruan Tinggi, dan Akademisi.

Menpora mengakui, selama ini pembinaan olahraga belum terdesain dengan baik. Pemerintah pusat dan daerah belum kompak dalam hal pembibitan maupun pembinaan kegiatan olahraga. Olehnya itu, lahirnya DBON, akan menjadi pedoman bagi semua pihak agar kegiatan olahraga dapat terintegrasi.

“DBON secara jangka panjang akan menghasilkan atlet elit nasional yang siap diterjunkan di ajang internasional. Itu dari mana? tentu dari bawah, dari daerah,” ujar Menpora di hadapan awak media saat jumpa pers.

Melalui DBON pula, lanjut Menpora, Indonesia nantinya akan menjadi pabrik atlet. Sehingga, ke depan atlet berprestasi tidak lagi ditemukan atau by accident, melainkan diciptakan.

“Kita memilih Sulawesi Selatan sebagai tempat pertama sosialisasi karena Sulsel masuk dalam 10 sentra tempat untuk pembibitan dan pengembangan talenta, khususnya bidang olahraga,” ucap Menpora.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman secara khusus mengapresiasi terselenggaranya sosialisai perdana DBON di Sulsel.

Menurut Andi Sudirman, ini sebuah momentum yang baik untuk lebih bersinergi memajukan olahraga.

“Kami apresiasi sekali karena Sulsel masuk sebagai salah satu sport science di Indonesia, dan sudah menjadi Perpres. Tentu kami sangat senang karena inisiasi pelaksanaan sosialisasi DBON dimulai di Sulsel ini sebuah momentum untuk kemudian sama-sama bersinergi,” tandas Andi Sudirman.

Seperti diketahui, DBON memiliki tujuan untuk meningkatkan kapasitas, sinergitas dan produktivitas olahraga prestasi nasional. Selain itu, juga bertujuan untuk memajukan perekonomian nasional berbasis olahraga.

Disamping itu, DBON punya fungsi memberikan pedoman bagi pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, organisasi olahraga, induk organisasi cabang olahraga, dunia usaha, industri, akademisi dan masyarakat dalam penyelenggaraan keolahragaan nasional.

Adapun di dalam DBON ini mencakup olahraga rekreasi, olahraga pendidikan, olahraga prestasi, dan industri olahraga atau wisata olahraga. Target jangka menengah dan panjang desain besar olahraga yakni 2021-2045.

Ridwan
Ridwan Senin, 08 November 2021 11:34
Komentar