Logo Header

Pesawat TNI AU Di Tembak Di Papua

Editor: Andrew Kresna
Editor: Andrew KresnaSelasa, 24 Maret 2020 17:16
Pesawat TNI AU Di Tembak Di Papua

Ragam.id, JAKARTA, Pesawat CASA CN A-2909 milik TNI AU ditembak orang tak dikenal (OTK) saat melintas di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Komandan Lanud Silas Papare Sentani Marsekal Pertama Tri Bowo mengatakan, dari lubang yang terdapat di dinding pesawat diperkirakan peluru kaliber 5,56 mm. Kata dia, senjata api yang digunakan untuk menembak diduga jenis M-16.

“Untuk memastikan masih perlu dilakukan penyelidikan,” kata Tri Bowo, Senin (23/3/2020).

TNI, kata dia, juga akan menyelidiki kaitan penembakan tersebut dengan peristiwa jatuhnua Helikopter MI-17, Juni 2019.

“Apakah senjata api yang digunakan berasal dari helikopter MI 17 yang jatuh dalam penerbangan Oksibil-Sentani,” katanya

Helikopter MI 17 yang jatuh di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang membawa 12 kru dan penumpang dengan 11 pucuk senjata api berbagai jenis. Saat evakuasi jenazah, pertengahan Februari, 11 pucuk senjata api tidak ditemukan di lokasi dekat puing helikopter dan diduga sudah diambil masyarakat.

Kapendam XVII Cenderawasih Kol CPL Eko Daryanto mengaku, belum bisa memastikan apakah senjata api yang digunakan berasal dari reruntuhan helikopter MI 17 atau tidak.

“Masih butuh penyelidikan intensif untuk memastikannya,” kata Kol CPL Eko.

Eko mengatakan, penembakan dilakukan saat pesawat sedang terbang di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang. Pesawat Casa CN A-2909 diduga ditembak saat hendak mendarat di bandara Oksibil, ibukota Kabupaten Pegunungan Bintang.

ANTARA

Editor: Andrew Kresna
Editor: Andrew KresnaSelasa, 24 Maret 2020 17:16
Komentar