Logo Header

Siang Ini, Jokowi Bakal Lantik Megawati Jadi Dewan Pengarah BRIN

Jusrianto
Jusrianto Rabu, 13 Oktober 2021 10:06
Megawati. (INT)
Megawati. (INT)

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bakal melantik Megawati sebagai Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

“Iya (pelantikan) BRIN, dewan pengarah,” ungkap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Rabu (13/10/2021).

Ia menjelaskan, pelantikan akan digelar siang ini di Istana Negara, Jakarta. Meskipun begitu, ia tak membeberkan siapa-siapa saja yang akan dilantik nantinya.

Akan tetapi, dipastikan Megewati akan dilantik sebagai Dewan Pengarah BRIN.

“Iya (Megawati). Lainnya belum tahu,” sebutnya.

Seperti diketahui, Jokowi telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN. Perpres BRIN mencakup penjabat Dewan Pengarah hingga anggotanya dan unsur pelaksananya.

Dalam perpres yang dilihat pada Rabu (5/5/2021), BRIN disebutkan sebagai lembaga pemerintah yang menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan serta invensi dan inovasi yang terintegrasi. Perpres BRIN juga mengatur Badan Riset dan Inovasi Daerah atau Brida.

BRIN disebutkan lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden, sedangkan Brida dibentuk pemerintah daerah. Adapun tugas BRIN adalah membantu presiden dalam menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan serta invensi dan inovasi secara nasional yang terintegrasi serta melakukan monitoring pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi Brida. Fungsi BRIN terkait pelaksanaan tugas termaktub dalam pasal 4.

BRIN memiliki dewan pengarah dan pelaksana. Pasal 7 ayat (1) Perpres BRIN menyatakan susunan Dewan Pengarah BRIN terdiri atas ketua, wakil ketua, sekretaris, dan anggota.

“Ketua sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a secara ex-officio berasal dari unsur Dewan Pengarah badan yang menyelenggarakan pembinaan ideologi Pancasila,” bunyi pasal 7 tersebut dilansir dari detik.com.

Jusrianto
Jusrianto Rabu, 13 Oktober 2021 10:06
Komentar