Logo Header

Perjuangan Andi Etti Kembangkan Industri Sutera di Sulsel Menuai Hasil

Ridwan
Ridwan Selasa, 05 Oktober 2021 16:55
Anggota DPRD Sulsel, Andi Nurhidayati Zainuddin
Anggota DPRD Sulsel, Andi Nurhidayati Zainuddin

TEBARAN.COM, SOPPENG – Anggota DPRD Sulsel, Andi Nurhidayati Zainuddin menggelar Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) di Desa Pising Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng, Senin, 4 Oktober 2021.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Dalam kunjungan yang dihadiri oleh Wakil Bupati Soppeng, Lutfi Halide dan Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian Sulsel, Ahmadi Akil, Wakil Ketua Komisi B DPRD Sulsel ini memonitoring pembangunan UPT Tekstil/Sutera Soppeng.

Andi Etti sapaannya, melihat langsung bantuan Gedung UPT Tekstil/Sutera dan Mesin Pengering Kokon yang bantuan yang dialokasikan pemerintah provinsi Sulawesi Selatan di APBD 2020 lalu. Selain itu beberapa program di tahun 2021 seperti pembangunan pagar dan paving block UPT Tekstil/Sutera Soppeng.

“Kami atas nama pemerintah kabupaten mengucapkan terimakasih atas bantuan pemerintah provinsi dan tentu ini tidak terlepas dari peran Pung Etti sebagai Wakil Ketua Komisi B DPRD Sulsel,” ujar Lutfi Halide.

Kepala Dinas Perindustrian Sulsel, Ahmadi Akil juga tidak menampik peran besar Andi Nurhidayati dalam mengawal pengembangan sutera di Kabupaten Soppeng dan Wajo. Ia mengakui beberapa kali rapat terkait sutera di Komisi B selalu mendapatkan atensi khusus dari Andi Nurhidayati.

“Dalam beberapa kali rapat di Komisi B terkait sutera tidak pernah lama, karena Pung Etti sangat paham apa yang dibutuhkan Soppeng dan Wajo untuk pengembangan sutera, dan hampir semua rapat yang membicarakan pengembangan sutera beliau yang pimpin,” jelasnya.

Selain bantuan rehabilitasi bangunan UPT Tekstil/Sutera Soppeng dan pengadaan mesin pengering kokon di tahun 2020, pemerintah provinsi kembali mengalokasikan pembangun pagar, paving block, gedung pelelangan kokon dan mesin pemintal modern pemintal kokon di tahun 2021.

Bantuan mesin pengering kokon diserahkan secara simbolik oleh Andi Nurhidayati kepada 5 kelompok tani sutera dihadapan Lutfi Halide.

“Bukan hanya tahun lalu, tahun ini juga pemerintah provinsi mengalokasikan banyak anggaran untuk pengembangan sutera melalui dinas perindustrian, dan ini kami kawal betul. Tak hanya dinas perindustrian, dinas kehutanan juga Kami beri atensi khusus agar pengembangan sutera Soppeng harus dipastikan berjalan baik,” ungkapnya.

“Pengembangan sutera, hulunya ada di Dinas Kehutanan dan hilirnya ada di Dinas Perindustrian. Dan kedua dinas ini merupakan mitra Kami di Komisi B, dan keduanya Kami dorong agar selalu program dan anggaran untuk pengembangan sutera,” jelasnya.

Hadir dalam kunjungan ini, asisten II Pemkab Soppeng, Camat Donri-Donri dan Kepala Desa Pising serta kelompok IKM dan Kelompok Tani Sutera.

Ridwan
Ridwan Selasa, 05 Oktober 2021 16:55
Komentar