Logo Header

Pengamat Sebut Pemkot Makassar Mustahil Bisa Bangun Stadion Mattoanging, Ini Alasannya

Ridwan
Ridwan Minggu, 19 September 2021 19:26
Desain Stadion Mattoanging
Desain Stadion Mattoanging

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Beberapa waktu lalu, Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengeluarkan penyataan, bahwa pihaknya siap mengambil alih pembangunan Stadion Mattoanging. Hal itu didasari keprihatinan Danny Pomanto terhadap pembangunan Stadion Mattoanging yang hingga kini belum terealisasi.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Akan tetapi, niatan tersebut dinilai mustahil terwujud lantaran anggaran Pemkot Makassar saat terbatas. Demikian disampaikan Pengamat Keuangan Negara Bastian Lubis di Makassar, Minggu, 19 September 2021.

Menurut Bastian, meski skema hibah anggaran dari Pemkot/Pemkab ke Pemprov memungkinkan, namun itu jarang terjadi. Bahkan di daerah kaya sekalipun.

Sebab, kata Bastian, umumnya Pemprov yang membagi anggarannya ke Kabupaten/Kota. Di sisi lain, perlu dilihat apakah Pemkot Makassar saat ini telah menyelesaikan kewajiban pokoknya atau tidak. Jika belum selesai, maka Pemkot tidak seharusnya mengambil kebijakan pilihan.

“Jadi menurut saya, masih banyak yang harus Pemkot Makassar laksanakan dibanding membantu Pemprov. Pemprov kan anggarannya lebih besar. Ini saja target PAD Pemkot Maakssar kan gak tercapai dari 1,1 Triliun targetnya, baru tercapai 400 miliar,” ujar Bastian Lubis yang juga mantan auditor senior BPKP ini.

Bastian juga menyebut, masyarakat Makassar berhak merasakan program dari Pemkot Makassar. Sehingga apabila pihak Pemkot Makassar membiaya sesuatu di luar prioritas, maka dipastikan akan menyakiti hati warga Makassar.

“Ini harus kita lihat skala prioritas dulu. Jadi stadion bertanggung jawab itu Provinsi bukan Kota. Menurut saya sesuatu yang kurang pas. Itu menyakiti masyrakat kota Makassar. Apakah kota makassar itu sudah menyelesaikan kewajibannya? Kalau stadion ini kan dak prioritas apalagi untuk pemerintah kota.” terang Bastian.

Lebih jauh, Bastian menegaskan, jika berbicara keuangan negara, kemampuan fiskal Pemkot masih rendah. Penyebabnya bukan hanya PAD tak capai target, Perusda tak menyetor dividennya. Olehnya itu, ia mengingatkan Pemerintah agar tidak mempermainkan keuangan negara.

“Memang keuangan negara itu politis tapi tidak serta merta bisa dimainkan. Rasa-rasanya tidak wajar membantu Pemprov karena anggaran pemprov lebih besar. Biarkan pemprov saja yang bangu Stadion,” pungkasnya.

Sebelumnya di berbagai kesempatan, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman telah berkomitmen akan tetap melanjutkan pembangunan Stadion Mattoanging. Bahkan komitmen tersebut telah disampaikan Andi Sudirman di hadapan Presiden RI Joko Widodo saat kunjungan ke Sulsel baru-baru ini.

“Kami (Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan) lagi membangun stadion Mattoanging. Dengan kemampuan keuangan saat ini, kita tetap lakukan pembangunan secara bertahap. Namun kita ingin pembangunan setiap tahap ini fungsional,” kata Andi Sudirman saat itu.

Karenanya, untuk tahun Anggaran 2022 pembangunan akan dimulai pada bagian lapangan. Dalam kesempatan itu pula, Sudirman meminta dukungan anggaran pembangunan Stadion Mattoanging kepada Presiden.

“Mudah-mudahan ada dukungan dari pemerintah pusat untuk kita sinergikan. Kami memohon ada penguatan pembangunan dari pemerintah Pusat,” tutur Andi Sudirman.

Ridwan
Ridwan Minggu, 19 September 2021 19:26
Komentar