Logo Header

Sah, Pelantikan Pengurus Jatman Makassar Periode 2020-2025 Bertabur Ulama

Ridwan
Ridwan Sabtu, 18 September 2021 20:53
Pelantikan Pengurus Jami'iyyah Ahli Thariqah Al Muktabarah Annahdliyyah (Jatman) Kota Makassar berlangsung di Aula Angin Mamiri Rujab Wali Kota Makassar, Sabtu, 18 Sepember 2021.
Pelantikan Pengurus Jami'iyyah Ahli Thariqah Al Muktabarah Annahdliyyah (Jatman) Kota Makassar berlangsung di Aula Angin Mamiri Rujab Wali Kota Makassar, Sabtu, 18 Sepember 2021.

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Pelantikan Pengurus Jami’iyyah Ahli Thariqah Al Muktabarah Annahdliyyah (Jatman) Kota Makassar periode 2020-2025 berlangsung di Aula Angin Mamiri Rujab Wali Kota Makassar, Sabtu, 18 Sepember 2021.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Hadir sejumlah ulama dan mursyid thariqah muktabarah. Di antaranya, Mursyid Thariqah Halwatiah Syekh Yusuf Al Makassari yang juga Rais Awwal Idaroh Aliyah Jatman Pusat Syekh Sayyid, H Abd Rahim Assegaf Puang Makkah, Syekh Sayyid H Muh Sahib Sultan Kr Nompo, AG Dr KH Abd Muttalib,KH Alwi Nawawi.

Hadir pula, Ketua Tanfidziah NU Kota Makassar Dr KH Kaswad Sartono, Dr KH Amirullah Amri, Kabag Kesra Kota Makassar Dandim, Kapolresrabes, Kakandepaq Agama dan pengurus Jatman Kota Makassar yang ikut dilantik.

Usai dikukuhkan, Ketua atau Mudir Jatman Kota Makassar periode 2020-2025, H Misbahuddin Salamu menyampaikan pidato Iftitah yang menegaskan jika organiaasi Jatman merupakan organisasi keagamaan sebagai wadah pengamal ajaran Thoriqah al Mu’tabarah.

“Juga salah satu pilar dari ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) yang telah dirintis oleh shalafusshalihin yang bersumber dari Rasulullah SAW, Malaikat Jibril atas petunjuk Allah SWT,” ujarnya di hadapan pengurus baru.

Kakandepaq Lutim ini mengungkapkan, Jatman memiliki konsep yang senafas dengan konsep dan gagasan kemerdekaan RI dalam membangun generasi bangsa yaitu, membangun jiwa/ruhaniyah lewat upaya perbaikan akhlaq, keimanan dan ketaqwaan.

Ia berharap pengurus Jatman Kota Makassar dapat memahami bahwa thoriqah adalah pelaksanaan suasana batin, di mana dengan berthoriqah setiap individu seseorang memiliki ketahanan syariah, juga kuat pada aspek ruhaniyah dan batiniah.

“Thoriqah itu menciptakan individu yang toleran, moderat dengan selalu mengedepankan nilai-nilai Islam Rahmatan Lil Alamin,” ungkap Kiyai Misbah.

Usai pengukuhan pengurus dilanjutkan dengan Raker perdana yang menyepakati salah satunya adalah pembentukan pengurus Gusniyah atau Pengurus Jatman di semua Kecamatan di Makassar yang diharapkan dapat rampung pada tahun 2021 ini.

Ridwan
Ridwan Sabtu, 18 September 2021 20:53
Komentar