Logo Header

Kisah Inspiratif, Bupati Konut dengan Kesederhanaan Andi Amran Sulaiman Kala Tumpangi Mobil Dump Truk

Ridwan
Ridwan Kamis, 16 September 2021 14:27
Bupati Konut, Ruksamin (kiri) bersama pemilik Tiran Group, Andi Amran Sulaiman (kanan) saat makan bersama
Bupati Konut, Ruksamin (kiri) bersama pemilik Tiran Group, Andi Amran Sulaiman (kanan) saat makan bersama

TEBARAN.COM, KONUT – Kedekatan personal antara Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin dengan owner PT Tiran Group, Andi Amran Sulaiman terbilang cukup kuat. Tali persahabatan antara keduanya demikian kental. Ruksamin mengatakan ada banyak kisah inspiratif yang mengharukan ketika dirinya menemani perjalanan Andi Amran Sulaiman di Konawe Utara (Konut)

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Salah satunya adalah ketika Ruksamin menemani mantan Menteri Pertanian era Jokowi – JK tersebut menelusuri secara mandiri kegiatan karyawan di perusahaan miliknya di kawasan pembangunan industri pertambangan di Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konut.

Saat itu, udara demikian terik menyengat. Panas mentari menembus kulit. Andi Amran Sulaiman dan Ruksamin kemudian menumpang pada mobil dump truk yang kala itu sedang dioperasikan oleh salah satu karyawan PT Tiran Group.

Ruksamin mengisahkan, bila sang sopir tersebut tidak mengetahui jika sosok yang ia beri tumpangan ini adalah Andi Amran Sulaiman, owner perusahaan tempat dia bekerja. Dia baru bekerja 3 bulan setelah menganggur karena resesi dan wabah Covid-19.

Sang sopir mengira, orang yang dia beri tumpangan itu hanyalah karyawan biasa di perusahaan tersebut. Dalam perjalanan, keduanya berinteraksi dan berbincang santai.

Andi Amran Sulaiman kemudian bertanya kepada sopir mengenai besaran dan pemanfataan gaji yang sopir peroleh selama bekerja di PT Tiran Group. Sang sopir yang tak mengetahui sosok Andi Amran lantas menjawab dengan polos dan jujur.

Sang sopir itu mengatakan bahwa gaji yang diperoleh diperuntukkan menghidupi keluarga yakni istri dan anak-anaknya dan ibunya. Bahkan bangga bisa membiayai buah hatinya hingga ke perguruan tinggi karena bekerja sebagai driver di PT Tiran.

Yang terasa cukup mengharukan ketika sang sopir mengatakan dengan gajinya ini, dia bisa membahagiakan ibunya.

Ruksamin menangkap sekilas dengan matanya, Andi Amran Sulaiman tertegun. Matanya sedikit berkaca-kaca. Belakangan Ruksamin baru tahu bila saat itu Andi Amran Sulaiman mengingat ibunya. Sosok wanita yang paling dikaguminya.

Ibu yang senantiasa memberinya semangat untuk pantang menyerah terhadap hidup. Yang mendidiknya untuk selalu tegar dan mampu mendobrak nasib dan kemiskinan menjadi sosok yang bermanfaat bagi banyak orang.

Saat Andi Amran Sulaiman turun dari mobil dump truk yang ditumpanginya, lanjut Ruksamin, kemudian driver diberi uang dengan nilai yang tidak diketahui.

“Pak Andi Amran Sulaiman tidak ingin diketahui jika memberi. Ia orang yang ikhlas, jujur, dan bertanggungjawab,” ujar Ruksamin.

Belakangan sang sopir mengetahui sosok yang ia beri tumpangan adalah Andi Amran Sulaiman. Sang sopir diberitahu teman-temannya saat cerita bersama di belakang pondok tempat mereka bermukim.

Bupati Ruksamin menilai kesederhanaan Andi Amran Sulaiman adalah rahmat dari Allah Sang Maha Pencipta. Sejak awal Pak Andi meniti karir sebagai karyawan biasa, kemudian menjadi Menteri Pertanian dan kini sebagai owner atau pemilik Tiran Group yang memiliki puluhan ribu karyawan tetapi masih sederhana dan bersahabat dengan semua orang. Makan, bergaul, bersahabat dan menghargai sesama. Bahkan mengkader karyawannya hingga menjadi pemimpin.

Ruksamin berharap semoga Andi Amran Sulaiman tetap dengan kesederhanaan, berkah, sukses dan kesehatan senantiasa menyertai Andi Amran Sulaiman.

Sosok Andi Amran Sulaiman yang sibuk bergelut di dunia bisnis tetapi tak lupa melakukan kerja dan pengabdian sosial dengan AAS Foundation yang didirikannya, sangat dikenal luas masyarakat, khususnya di kawasan Indonesia Timur. Kepiawaiannya yang memiliki kemampuan ilmu secara holistik.

“Saya juga berterima kasih karena Pak Andi Amran membangun masjid di satu desa di Konut yang di desa itu belum ada satu pun masjid dan mempekerjakan sekitar 1000 orang warga Konut,” aku Ruksamin.

Ruksamin mendoakan semoga Andi Amran Sulaiman bisa memberi pengabdiannya untuk rakyat yang lebih luas.

Ridwan
Ridwan Kamis, 16 September 2021 14:27
Komentar