Logo Header

Mahasiswa Sejarah dan Kebudayaan Islam UIN Alauddin Ekspedisi Budaya di Suku To’ Balo

Ridwan
Ridwan Sabtu, 11 September 2021 09:07
Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Alauddin Makassar mengadakan ekspedisi budaya.
Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Alauddin Makassar mengadakan ekspedisi budaya.

TEBARAN.COM, GOWA – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Alauddin Makassar mengadakan ekspedisi budaya.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Tim ekspedisi itu mengunjungi suku To’ Balo yang bermukim di Desa Bulo-bulo Kecamatan Pujjananting Kabupaten Barru.

Mereka dilepas secara resmi oleh Ketua Program Studi (Prodi) Sejarah Peradaban Islam (SPI) Abu Haif dan Sekretaris Prodi SPI Syamhari di Pelataran FAH, Jumat, 10 September 2021 kemarin.

Kegiatan itu mengusung tema Eksplorasi Nilai-nilai Budaya Suku To Balo yang melibatkan tim dari Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam khususnya para Anggota dari HMJ SKI UIN Alauddin Makassar.

Ketua Umum HMJ SKI, Ikhsan menyampaikan ekspedisi budaya tersebut sebagai pemantik untuk lebih jauh memahami terkait sejarah dan budaya.

“Kegiatan ini kemudian diharapkan bisa memantik nalar kritisnya teman-teman seputar budaya dan sejarah,” katanya.

Untuk diketahui, Suku To’ Balo merupakan suku yang berciri berpenampilan pada kulit yang tidak seperti pada masyarakat umumnya mereka mempunyai kulit yang unik dan bercocok tanaman yang berbeda pada masyarakat lainnya.

Tubuh yang terlahir mempunyai kulit yang belang, bercak itu juga terpampang hampir membentuk segitiga. Oleh karena itu mereka dikenal dengan To’ Balo, To bermakna orang dan Balo bermakna belang, jadi bila diartikan To’ Balo bermakna manusia belang.

Ridwan
Ridwan Sabtu, 11 September 2021 09:07
Komentar