Logo Header

Sesuai Arahan Nadiem Makarim, Kampus di Wilayah Gowa Sulsel Boleh PTM Terbatas

Ridwan
Ridwan Rabu, 01 September 2021 08:00
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

TEBARAN.COM, GOWA – Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan masuk wilayah yang direkomendasikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Nadiem Makarim boleh melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Mengingat Kabupaten Gowa, Sulsel saat ini masuk wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Jika merujuk dari pernyataan Nadiem Makarim maka perguruan tinggi atau kampus yang ada di wilayah tersebut boleh menggelar PTM terbatas.

Menurut Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, berhasil atau tidaknya pelaksanaan PTM terbatas di perguruan tinggi, tergantung pada komitmen adik-adik mahasiswa untuk saling menjaga dan melindungi lewat penerapan protokol kesehatan.

“Kami mendorong kampus-kampus yang berada di wilayah PPKM level satu sampai tiga untuk segera memberikan opsi pertemuan tatap muka terbatas kepada mahasiswa. Sementara untuk daerah di level empat, masih harus belajar dari jarak jauh,” kata dia melansir laman Kemendikbud Ristek, Selasa, 31 Agustus 2021.

Dia menjelaskan, kuliah tatap muka terbatas akan berbeda situasinya dengan saat sebelum pandemi Covid-19.

Nadiem mengingatkan banyak hal yang harus dipatuhi mahasiswa dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama berada di kampus.

“PTM terbatas ini juga membutuhkan komitmen kalian semua agar dapat berjalan sesuai rencana,” tegas dia.

Plt Dirjen Dikristek Kemendikbud Ristek, Nizam mengimbau agar seluruh perguruan tinggi bersiap melakukan kuliah tatap muka terbatas khususnya bagi perguruan tinggi dan daerah yang telah memenuhi syarat.

“Kampus saya minta menyiapkan diri perkuliahan tatap muka terbatas dengan penerapan protokol kesehatan ketat,” jelas dia.

Nizam mengatakan, salah satu keberhasilan pada periode seleksi masuk perguruan tinggi adalah tidak adanya kemunculan kasus baru Covid-19 atau zero case.

“Jika kita disiplin protokol kesehatan maka mobilitas mahasiswa tidak akan memunculkan cluster baru,” ungkap dia.

Pelaksanaan PTM terbatas mengikuti pengaturan yang terdapat dalam SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri yakni, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, dan Menteri Agama.

Sejumlah kampus yang terletak di wilayah Kabupaten Gowa, Sulsel, di antaranya Kampus ll UIN Alauddin Makassar, Universitas Hasanuddin (Fakultas Tehnik), Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa, dan beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Ridwan
Ridwan Rabu, 01 September 2021 08:00
Komentar