Logo Header

Penyandang Disabilitas di Sulsel Dilatih Jadi Pebisnis yang Produktif

Ridwan
Ridwan Minggu, 29 Agustus 2021 18:11
Penyandang Disabilitas di Sulsel Dilatih Jadi Pebisnis yang Produktif

TEBARAN.COM, MAKASSAR — Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulsel (Sulsel) menggelar Pelatihan Peningkatan Produktivitas Angkatan VI (Enam) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2021, Jumat, 27 Agustus 2021.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Sebanyak 25 peserta mengikuti pelatihan, 7 di antaranya peserta berkebutuhan khusus (disabilitas). Kegiatan dimulai 24 hingga 28 Agustus 2021 besok.

“Pelarihan ini merupakan komitmen kita, agar semua orang mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pelatihan. Terutama dalam peningkatan produktivitas mereka dan saya kira hal ini kita lakukan dengan melibatkan para teman-teman disabilitas. Sesuai dalam Perda bagaimana pemberdayaan disabilitas,” kata Plt Kadisnaker Sulsel Andi Darmawan Bintang.

Pelatihan ini membuktikan bahwa negara tidak melakukan diskriminasi kepada penyandang disabilitas. Oleh karena itu dalam kesempatan ini, memanfaatkan anggaran yang diberikan oleh pemerintah pusat. Memberikan pelatihan kapasitas dalam meningkatkan produkvitas penyandang disablitas dengan materi persiapan memasuki dunia usaha dan manajemen dunia usaha.

“Insyaallah akan kita lakukan setiap tahun. Melibatkan teman-teman disabilitas sebagai bagian dari tanggung jawab pemerintah agar teman-teman mendapat kesempatan yang sama,” sebutnya.

Pendamping disabilitas Netra, Fikri, menyebutkan peserta disabilitas didominasi tuna netra. Pelatihan bagi disabilitas untuk peningkatan produktivitas bagi mereka yang sudah berkecimbung di dunia bisnis/usaha.

“Pada pelatihan ini kita diajarkan bagaimana meningkatkan kepuasan pelanggan serta menggunakan cara 5S,” ujarnya.

“Yang mana kurang lebih mengajarkan kita tentang kebersihan, kerapian, penataan, penyuluhan serta strategi peningkatan produktivitas,” imbuhnya.

Pelatihan ini juga mengajarkan tentang pentingnya etos kerja yang diikuti oleh peserta dengan antusias.

Ridwan
Ridwan Minggu, 29 Agustus 2021 18:11
Komentar