Logo Header

Intip Pesona 13 Wisata Pantai di Sulawesi Selatan yang Wajib Kamu Kunjungi

Ridwan
Ridwan Minggu, 29 Agustus 2021 15:58
Pantai Apparalang merupakan objek wisata di Tanjung Bira, Bulukumba.
Pantai Apparalang merupakan objek wisata di Tanjung Bira, Bulukumba.

TEBARAN.COM Pantai menawarkan keindahan tepi laut yang indah dan deru ombak yang menenangkan. Bahkan sebagian besar pantai dilengkapi dengan pemandangan pasir putih yang menawan.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Jika kamu berada di Sulawesi Selatan, tak perlu khawatir karena daerah ini memiliki banyak destinati pantai yang indah. Berikut 7 pantai di Sulsel yang wajib kamu kunjungi saat liburan.

  1. Pantai Losari

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Losari. Pantai ini merupakan salah satu ikon kota Makassar yang wajib dikunjungi ketika pergi ke Makassar. Pantai Losari dijadikan untuk tempat bersantai sambil menikmati matahari terbenam.

Pantai ini juga menyajikan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Di sini kalian bisa memancing, naik banana bots dan sepeda air. Selain itu, kalian dapat melakukan jogging di pagi hari pada track yang ada setelah menikmati sunrise.

  1. Pantai Akkarena

Pantai Akkarena adalah salah satu pantai di Kota Makassar. jika sebelumnya orang-orang hanya mengenal Pantai Losari sebagai destinasi ikonik di Makassar, kini pengunjung sudah memiliki tambahan pilihan.

Pantai Akkarena memiliki kawasan yang ramah anak. Letaknya yang strategis ditengah kota membuat tempat ini juga ramai dikunjungi oelh para pekerja guna melepas penat.

Bila sore hari, pemandangan sunset disini sangat indah, maka tak heran jika tempat ini ramai dikunjungi oleh sejumlah keluarga, pegawai kantoran, dan anak muda untuk melepas lelah sebelum pulang ke rumah.

Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan wahana permainan, wisata kuliner, dan penginapan, ada juga beberapa spot instagramable yang bisa membuat foto kamu menjadi lebih kece.

  1. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira dikenal dengan pasir putih yang halus dengan air laut yang biru. Tanjung Bira terletak di Kabupaten Bulukumba, sekitar 200 km dari Kota Makassar. Pantai Bira telah dilengkapi fasilitas berupa penginapan seperti villa, hotel, bungalow dan restoran.

Di sini pengunjung dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Selain itu, kalian juga dapat melihat keindahan dua pulau yang ada di depannya yaitu pulau Liukang Loe dan pulau tak berpenghuni.

  1. Pantai Apparalang

Pantai Apparalang merupakan objek wisata di Tanjung Bira. Pesona Pantai Apaparalang ini memiliki tebing karang yang sangat unik. Banyak orang yang mengatakan pantai ini mirip dengan Raja Ampat Papua. Bagi kalian yang ingin menikmati pantai ini bisa menaiki menara biru yang menjulang tinggi.

Dari puncak menara kalian dapat melihat keindahan air laut yang biru dan karang yang berada di antara air laut dan bebatuan. Pantai ini berada di balik tebing bebatuan yang menjulang tinggi.

  1. Pantai Panrang Luhu

Pantai ini terletak di Kabupaten Bulukmba, jarak pantai dari pusat kota sekitar 37 km. Pesona keindahanya tak kalah dari Tanjung Bira apalagi dikunjungi sore hari saat matahari terbenam. Panrang Luhu dalam bahasa setempat berarti pekuburan orang Luwu.

Terlepas dari namanya yang sedikit seram, pantai ini menawarkan nuansa alami yang memanjakan mata. Pohon kelapa yang berjejer rapi di pesisir pantai menambah kesan alami pada pantai ini. Panrang Luhu juga dikenal sebagai tempat penghasil kapal phinisi. Begitu masuk area pantai kalian akan disambut pemandangan barisan kapal.

  1. Pantai Marumasa

Bicara tentang pantai di Kabupaten Bulukumba, tidak ada habisnya. Satu lagi pantai yang memiliki keindahan karang yang mengarah ke laut.

Pantai yang memiliki panjang kurang lebih 150 meter ini memiliki spot keren yang sangat cocok bagi kalian yang suka selfie. Ada spot yang berbentuk hati, bunga matahari, ayunan, sepeda ontel, rumah adat, dan masih banyak lagi spot foto dengan latar birunya air laut.

  1. Pantai Paputo

Pantai Ppauto adalah salah satu tempat favorit di Kota Pare-pare. Nama Paputo adalah singkatan dari Pantai Pasir Putih Tonrangeng.

Seperti namanya, pantai ini menawarkan keindahan pasir putih yang lembut. Lautnya yang biru disertai ombak yang tidak terlalu keras menambah pesona tempat ini.

Pantai ini juga dilengkapi dengan gazebo yang dibuat sedemikian cantik, cocok untuk menambah koleksi foto kamu.

  1. Pantai Menralo

Pantai Menralo merupakan destinasi wisata baru yang terletak di Desa Wiringtasi, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang. Tempat yang baru diresmikan Bulan April 2021 ini memiliki banyak sekali wahana wisata yang cocok untuk liburan bersama keluarga, teman, rekan kerja.

Destinasi dengan luas 5 hektare ini memiliki wahana diantaranya wahana pantai bahari, lokasi joging track di hutan bambu menggunakan motor Xtrack ATV Adventure dengan rute satu setengah kilo. Selain itu, beberapa fasilitas lain juga tersedia, seperti terdapat 10 Saung yang menjadi ciri khas 10 desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Suppa. Tersedia juga penginapan dan restoran yang menyajikan berbagai makan a khas Sulawesi Selatan.

  1. Pantai Tete Tonra

Pantai Tete terletak di Kabupaten Bone. Pantai berpasir putih ini tak pernah sepi dari wisatawan. Selain lokasinya yang sangat memesona, Pantai Tete merupakan saksi bisu peristiwa bersejarah angkatan bersenjata di Sulawesi Selatan.

Pesona pasir putih ini semakin sempurna saat air laut mulai surut. Saat air laut surut, sebuah jalan setapak selebar 3-6 meter sepanjang 1 kilometer terbuka menghubungkan bibir pantai dengan pulau tak berpenghuni di timur Pantai Tete.

  1. Pantai Tope Jawa

Wisata Pantai Tope Jawa berada di Kabupate Takalar, Sulawesi Selatan. Tempat ini menyajikan wisata dengan konsep lokal dan modern. Karena selain memilki panorama pantai yang indah Tope Jawa juga menawarkan wahana beach waterboom.

Tak hanya dapat mandi di pantai dan waterboom, pengunjung juga bisa berlayar ke tengah pantai menggunakan menggunakan perahu tradisional yang dsebut Balolang.

Selain itu, tempa ini juga dihiasi dengan spot foto yang menarik. Ada juga wahana bermain seperti flying fox, seluncuran, banan =a boat, dan motor cross pantai.

  1. Pantai Bintang

Masih berada di Kabupaten Takalar, wisata pantai yang tak kalah menakjubkan juga ada yakni Pantai Bintang.

Sama dengan Tope Jawa, panti ini juga dilengkapi dengan kolam renang. Selain itu juga adaa wahana banan boat. Pantai Bintang juga dilengkapi dengan aktivitas berlayar ke Pulau Sanrobengi. Pulau Sanrobengi merupakan tempat yang indah, disana terdapat wahana outbond yang lengkap.

Pantai Bintaang juga dilengkapi dengan fasilitas olahraga seperti lapangan futsal dan badminton. Ini cocok bagi kamu yang sedang berlibur bersama keluarga atau komnitas.

  1. Pantai Punaga

Pantai Punaga terletak di Desa Barugaya, Kabupaten Takalar. Pantai ini merupakan pantai yang cukup indah, karena pantai ini memiliki air yang sangat jernih. Pantai ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan snorkling, berenang, juga memancing.

Pantai Punaga juga memiliki tebing yang mirip dengan Pantai Tanah Lot yang berada di bali. Namun yang harus kalian waspadai di sini yaitu batu karang yang sangat tajam dan licin.

  1. Pantai Laguna

Pantai ini berjarak 88 kilometeer dari Kota Makassar, tepatnya di Desa Paopao, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru.

Pantai Laguna terkenal cukup bersih, warga sekitar juga sangat ramah, menambah khazanah lokal bagi pengunjug pantai ini.

Pantai Laguna memiliki pasir putih yang menawan serta airna yan jernih. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi gazebo sebagai tempat bersantai ersama keluarga atau teman .

Nah, itulah tadi beberapa wisata pantai yang ada di Sulawesi Selatan, Happy Holiday !

Penulis : Susan Alwia
Ridwan
Ridwan Minggu, 29 Agustus 2021 15:58
Komentar