Logo Header

Di Hadapan Mahasiswa Baru, Ini Pesan Penting Rektor UIN Alauddin Soal Kuliah Daring

Ridwan
Ridwan Kamis, 26 Agustus 2021 21:46
Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis
Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis menyampaikan dua pesan penting kepada mahasiswa baru UIN Alauddin tahun ajaran 2021/2022.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Pesan pertama yang disampaikan Guru Besar Sosiologi itu yakni mahasiswa baru UIN Alauddin Makassar harus menjadi generasi yang tidak mau kalah sama jaringan.

Hal tersebut disampaikan dalam Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) mahasiswa Baru UIN Alauddin Makassar, Rabu, 25 Agustus 2021.

Prof Hamdan menjelaskan bahwa dalam situasi pandemi sekarang ini, mobilitas begitu terbatas, sehingga modal jaringan menjadi sebuah keniscayaan.

Belajar dari pengalaman kegiatan pendidikan selama pandemi ini, kata dia, maka persoalan jaringan seringkali menjadi alasan paripurna dalam proses-proses pendidikan, terutama dari mahasiswa.

“Saya berharap kepada anak-anakku mahasiswa baru UIN Alauddin Makassar, jangan pernah kalah sama jaringan,” harapnya.

Prof Hamdan merincikan bahwa jika di lingkungan mahaiswa memiliki jaringan internet yang lemah, maka mahasiswa harya berusah mencari jaringan yang baik.

“Jangan begitu cepat pasrah, carilah tempat-tempat di bawah kolong langit ini dimana jaringan internetnya kuat. Saya begitu yakin, bahwa daerah-daerah yang jaringan internetnya kuat masih lebih banyak ketimbang tempat-tempat yang jaringannya lemah,” jelasnya.

Prof Hamdan mengaku menghargai mahasiswa yang rela berkorban demi pencaringan jaringan yang kuat.

Sebab, persoalan jaringan ini, lanjut dia, seringkali menjadi ‘senjata pamungkas’ bagi mahasiswa yang malas.

Lebih lanjut, Prof Hamdan mengatakan bahwa dalam proses pendidikan di era pandemi sekarang ini, modal jaringan dan kuota adalah dua hal yang harus dimiliki.

Olehnya, dia berpesan bahwa mahasiswa yang keren adalah mahasiswa yang memiliki dua hal, jaringan kuat dan kuota yang mumpuni.

“Saya juga ingin menegaskan bahwa proses pendidikan dengan model seperti ini tidak hanya terjadi di kampus kita, tetapi seluruh dunia mengalami hal yang sama. Kalian tidak sendiri, you are not alone,” tegasnya.

Pesan Kedua, Penulis Buku Melawan Takdir itu mengingatkan jadilah mahasiswa-mahasiswa UIN Alauddin yang tangguh menghadapi berbagai persoalan.

“Sebagai rektor, saya berharap kepada semua mahasiswa baru angkatan 2021 UIN Alauddin Makassar, tumbuh lah di UIN Alauddin Makassar! dan tangguh lah menghadapi pelbagai persoalan di tengah pandemi ini,” ujarnya.

Ridwan
Ridwan Kamis, 26 Agustus 2021 21:46
Komentar