Logo Header

Pemakaman Covid-19 Macanda Hampir Penuh, Pemprov Sulsel Siapkan Opsi Lahan di Pattallassang

Ridwan
Ridwan Kamis, 29 Juli 2021 14:04
Pemprov Sulsel tinjau lahan baru pemakaman khusus Covid-19 di Dusun Sambung Batu Desa Paccelekang, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa.
Pemprov Sulsel tinjau lahan baru pemakaman khusus Covid-19 di Dusun Sambung Batu Desa Paccelekang, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa.

TEBARA.COM, GOWA – Pemakaman khusus Covid-19 di Macanda, Kabupaten Gowa sudah hampir tidak ada lagi lahan kosong. Hingga Rabu, 28 Juli 2021 tercatat sudah ada 1.163 jenazah yang dimakamkan.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman membenarkan kondisi Pekuburan Khusus Macanda Gowa sudah hampir penuh. Ia pun sudah memiliki rencana untuk memperluas Pekuburan Khusus Macanda.

“Iya. Kita mau penambahan (lahan Pemakaman Khusus Macanda). Mudah-mudahan bisa segera,” katanya, Kamis, 27 Juli 2021.

Pada Rabu, 28 Juli 2021, Pemprov Sulsel sudah meninjau tempat pemakaman khusus (TPA) baru korban Covid-19 di Dusun Sambung Batu Desa Paccelekang, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa.

Peninjaun dilakukan Kasubid Pengelolaan Barang Milik Daerah Wilayah I Badan Keuangan dan Aset Daerah Pemprov Sulsel, Herwin Firmansyah.

Hadir di kesempatan itu, Kapolres Gowa, AKBP Tri Goffaruddin Palungan, Danramil 1409-03, Kapten Inf Paulus I Made Ambarajaya, serta sejumlah aparat lainnya.

Sebagian lahan aset Pemprov Sulsel di sana rencannya akan dialokasikan untuk tempat pemakaman Covid, seperti halnya lahan Pemprov Sulsel yang ada di Macanda, Kelurahan Romang Polong, Kecamatan Somba Opu.

Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah pada Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Pemprov Sulsel, Murniati mengatakan, pihak Pemprov memang tengah meninjau lokasi guna mencari alternatif bagi TPK Covid-19.

Hal ini dilakukan karena kondisi TPK Macanda sudah hampir penuh. Sehingga pembukaan TPK baru harus segera dilakukan.

“Kita diperintahkan untuk meninjau lahan milik pemprov untuk kepentingan alternatif TPK Covid. Namun kita baru mencari alternatif dari sejumlah lokasi aset yang ada. Dan itu dilihat dari berbagai aspek, mulai dari lokasi lahan kosong atau tidaknya, serta kondisi penduduk sekitar, termasuk jarak lokasi,” ujar Murniati, Kamis, 27 Juli 2021

Dia menambahkan meski masih akan dikoordinasikan dengan sejumlah pihak termasuk Pemkab dan aparat di Kabupaten Gowa, namun sejauh ini pemilihan lokasi masih mengarah ke Gowa, mengingat pertimbangan utama, yaitu jarak.

“Karena pemakaman, tentu lokasinya tidak bisa terlalu jauh. Dan jika memang hasilnya, tentu untuk sosialisasi ke masyarakat menjadi kewenangan Pemkab Gowa. Tetapi keputusan itu masih akan kita rapatkan terlebih dahulu, dengan pengajuan pertimbangan dari hasil peninjauan. Keputusannya akan dilakukan setelahnya, tentu tidak akan lama karena sudah mendesak,” ujarnya.

Terkait antisipasi pengamanan jika wacana pembukaan TPK Covid tersebut dilakukan, Dandim Gowa, Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo mengakui bahwa ada wacana untuk mengalihkan TPK Covid ke Pattalassang.

“Memang ada rencana dari untuk mengalihkan TPK Covid-19 ke Pattallasang, mengingat saat ini TPK di Macanda sudah overload. Dan terkait pengamanan jika memang rebcana tersebut jadi dilaksanakan, kita sdh koordinasi Polres Gowa terkait rencana pengamanan itu,” katanya.

“Terkait sosialisasi, pasti juga akan dilakukan terlebih dahulu kepada warga masyarakat lingkungan sekitar TPK baru tersebut. Saat inipun kami sedang rapat di kantor Gubernur terkait itu,” pungkasnya.

 

Ridwan
Ridwan Kamis, 29 Juli 2021 14:04
Komentar