Logo Header

PPG UIN Alauddin Perkuat Penguji UKM

Ridwan
Ridwan Jumat, 23 Juli 2021 11:00
Jajaran Pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, Jumat, 23 Juli 2021.
Jajaran Pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, Jumat, 23 Juli 2021.

TEBARAN. COM, MAKASSAR Refreshment dan penyamaan persepsi penguji uji kinerja (Ukin) Uji Kompetensi Mahasiswa (UKM) Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2021 yang digelar bersama 10 LPTK PTKIN Kementerian Agama RI.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) UIN Alauddin Makassar yang menjadi pusat pelaksana. Kegiatan ini berlangsung secara online dan offline selama dua hari di Hotel Claro, Jumat – Sabtu, 23-24 Juli 2021.

Sebanyak 740 peserta dari dosen LPTK dan guru pamong yang telah memiliki Nomor Registrasi Penguji (NRP) mengikuti kegiatan ini secara online yang dibuka langsung oleh Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis.

Sebagai pelaksana, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, Dr Andi Marjuni menyampaikan, orientasi kegiatan ini sebagai proses melahirkan guru madrasah dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang profesional di Indonesia.

Dia mengatakan, guru profesional itu pertama memiliki kemampuan knowledge yang meliputi pengetahuan paedagogik, profesional, dan kemampuan literasi.

Kedua life skill yaitu melahirkan guru yang kreatif, siswa cerdas, madrasah dan sekolah hebat.

“Ketiga integriti yaitu guru yang punya komitmen tinggi dalam mencetak generasi bangsa dalam menyonsong hari esok yang lebih cerah dan menjadi mercusuar di tengah umat manusia,” ujar Marjuni dalam sambutannya.

Dalam pertemuan ini juga membahas rumusan tentang pembuatan perencanaan pembelajaran, video pembelajaran, dan portofolio.

Dalam pertemuan ini ada lima narsumber, yakni Direktur PTKI Kementerian Agama, Prof Syuitno (Kebijakan PPG), Prof Syawal (Kebijakan Pengembangan Guru), Subanji (UKM PPG), Suryanti (Ukin Praktek Pembelajarn dan Heri Retnawati (Ukin Portofolio).

Ridwan
Ridwan Jumat, 23 Juli 2021 11:00
Komentar