Logo Header

Plt Gubernur Tegaskan Dua Persen dari Kuota CPNS 2021 Sulsel Hak Disabilitas

Ridwan
Ridwan Senin, 14 Juni 2021 17:29
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman.
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman.

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menegaskan bahwa dua persen dari kuota Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2021 Sulsel untuk kaum penyandang disabilitas.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Diketahui, tahun 2021 ini Pemprov Sulsel mendapat 349 kuota CPNS yang ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Terbagi dalam dua formasi, yakni tenaga kesehatan 103 dan tenaga teknis 246.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, bahwa dua persen dari kuota CPNS 2021 Sulsel ini diberikan khusus bagi disabilitas.

“Insya Allah, 2 persen dari jumlah kuota CPNS 2021 ini bagi saudara-saudara kita kaum disabilitas. Dua persen dari 349 formasi CPNS 2021 akan menjadi hak disabilitas,” ungkapnya, Senin, 14 Juni 2021.

Ia pun berharap, dengan pemberian kuota CPNS bagi disabilitas menjadi bukti keadilan dan kesetaraan yang diberikan Pemerintah.

“Kita harap seleksi CPNS bagi disabilitas berjalan baik tanpa diskriminatif. Serta dengan membuka ruang bagi kaum penyandang disabilitas bisa mendorong semangat untuk terus berusaha,” pungkasnya.

Dalam Peraturan Menteri PAN-RB RI Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil bagian kedua kebutuhan khusus penyandang disabilitas pada Pasal 10 terdapat beberapa poin, di antaranya;

Pengadaan PNS bagi disabilitas harus memperhatikan standar kualifikasi kerja yang dipersyaratkan pada jabatan dan akomodasi yang layak bagi penyandang disabilitas yang mengalami hambatan dan memerlukan aksesibilitas;

Serta memperhatikan jenis jabatan yang dapat diisi dengan kriteria di antaranya jabatan yang pekerjaannya bersifat administratif, jabatan yang pekerjaannya dilakukan secara rutin, jabatan yang pekerjaannya tidak memerlukan persyaratan khusus, dan jabatan yang lingkungan kerjanya tidak memiliki resiko tinggi.

Selain CPNS, Pemprov membuka lowongan bagi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tahun anggaran 2021.

Adapun rincian formasi yang dibutuhkan untuk PPPK diantaranya untuk formasi guru sebanyak 8.371, formasi tenaga kesehatan 33 kuota, dan tenaga teknis sebanyak 30 kuota.

Ridwan
Ridwan Senin, 14 Juni 2021 17:29
Komentar