Logo Header

Wapres Ma’ruf Amin Resmikan BLK Komunitas Ponpes DDI Takkalasi Barru

Ridwan
Ridwan Rabu, 09 Juni 2021 15:55
Wapres Ma'ruf Amin resmikan 1.014 BLK Komunitas secara nasional yang dipusatkan di Pondok Pesantren Cipasung Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa 8 Juni 2021.
Wapres Ma'ruf Amin resmikan 1.014 BLK Komunitas secara nasional yang dipusatkan di Pondok Pesantren Cipasung Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa 8 Juni 2021.

TEBARAN.COM, BARRU – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ikhlas Addary DDI Takkalasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Peresmiannya berlangsung secara daring yang dipusatkan di Pondok Pesantren Cipasung Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa 8 Juni 2021. Ada 1.014 BLK Komunitas secara nasional diresmikan Ma’ruf Amin.

BLK Komunitas ini diharapkan mampu melahirkan sumber daya manusia (SDM) unggul untuk Indonesia Maju. Dan siap bekerja di era Industri 4.0. Di Indonesia sudah terdapat 2.127 BLK sejak 2017. Ini program Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi.

BLK Komunitas yang didirikan di Ponpes DDI Takkalasi ialah kejuruan Tekhnik Informatika yang dibangun tahun 2020. Lokasinya di lingkungan Ponpes DDI Jalan H Muh Tahir Dani No 21 Takkalasi, Kecamatan Balusu, Barru.

Pimpinan BLK Komunitas Pondok Pesantren Al Ikhlas Addary DDI Takkalasi, Juhri yang hadir di acara “Virtual Rembuk Nasional dan Peresmian BLK Komunitas” berharap adanya BLK dapat memicu semangatnya mengembangkan Ponpes DDI Takkalasi.

Ini adalah rejeki sekaligus tanggung jawab besar untuk dikelola sebaik mungkin. Kami berharap kehadiran BLK Komunitas ini menjadi pemicu dan pemacu bagi perkembangan Ponpes baik di sektor pendidikan, teknologi bahkan ekonomi bagi santri itu sendiri maupun masyarakat secara luas,” katanya.

Menurutnya kehadiran BLK Komunitas ini untuk menyiapkan lapangan pekerjaan bagi generasi muda yang siap pakai menuju Indonesia Maju.

Pria yang dikenal murah senyum tersebut menyampaikan harapannya agar lulusan pondok pesantren bukan hanya dibekali ilmu pendidikan agama, namun bisa terampil dalam dunia usaha dan IT.

Untuk diketahui, sebelumnya Ponpes DDI Takkalasi telah mengutus dua orang guru yang dipercayakan menjadi Instruktur dan tenaga pelatihan pada BLK Komunitas Pondok Pesantren DDI Takkalasi. Keduanya, Muslimin (Tenaga Pelatihan) dan Indra Panduwinata (Instruktur).

Muslimin adalah guru MTs DDI Takkalasi telah menyelesaikan Diklat selama seminggu yang dilaksanakan di Bandung Jawa Barat.

Salah satu tugas berat tenaga pelatihan adalah membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala BLK Komunitas menyiapkan bahan, penyusunan rencana kerja, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan, sehingga harus dibekali ilmu dan keterampilan tersendiri.

Kemudian ada Indra Panduwinata, guru MI DDI Takkalasi sebagai Instruktur telah menyelesaikan pelatihan dan telah menerima legalitas berupa sertifikat Instruktur selama kurang lebih 40 hari yang dilaksanakan di BLK Surabaya.

Ridwan
Ridwan Rabu, 09 Juni 2021 15:55
Komentar