Logo Header

Bank Sulselbar Luncurkan Aplikasi Simpada di Pangkep

Ridwan
Ridwan Jumat, 04 Juni 2021 00:18
Bank Sulselbar luncurkan Aplikasi Simpada di Kabupaten Pangkep, Kamis 3 Juni 2021.
Bank Sulselbar luncurkan Aplikasi Simpada di Kabupaten Pangkep, Kamis 3 Juni 2021.

TEBARAN.COM, PANGKEP – Bank Sulselbar meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pajak dan Retribusi Daerah (Simpada) di Kabupaten Pangkep, Sulsel, Kamis, 3 Juni 2021.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Inovasi jasa keuangan tersebut ditawarkan kepada Pemerintah Kabupaten Pangkep sebagai bentuk upaya mengoptimalkan pengeloalaan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Direktur Operasional dan TI Bank Sulselbar, Irmayanti Sulthan mengatakan bahwa aplikasi Simpada ini dapat digunakan untuk mengelola data penerimaan pajak secara realtime sehingga mempermudah pemerintah dalam memonitor pencapaian penerimaan pajak daerahnya.

“Aplikasi ini juga dapat digunakan oleh wajib pajak untuk melaporkan pajaknya secara mandiri. Simpada dibangun dengan tujuan untuk membantu Pemerintah Daerah untuk memantau penerimaan daerah atas pajak dan retribusi daerah. Pemerintah Daerah juga dapat langsung melaporkan penerimaan daerahnya,” jelasnya di Ruang Pola Bupati Pangkep, Rabu 3 Juni 2021.

Selain untuk wajib pajak, Simpada juga dapat memudahkan proses retribusi, seperti jasa umum, usaha, perizinan, termasuk Izin Membangun Bangunan (IMB).

Tak hanya itu, Simpada juga merupakan bentuk integrasi dari sistem monitoring evaluasi dan pelaporan pajak.

Terintegrasi artinya, potensi untuk terjadinya selisih atau kesalahan pajak itu sudah tidak ada karena langsung terhubung dengan data yang ada di Bapenda,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Pangkep, Muh Yusran Lalogau merasa bersyukur atas kerjasama yang dijalin dengan Bank Sulselbar.

“Kami atas nama Pemkab Pangkep, sangat berterima kasih atas kerjasama ini. Merupakan langkah cepat dalam upaya pengingkatan PAD, dengan aplikasi ini layanan lebih mudah dan berbasis digitalisasi,” ungkapnya.

Kemudian Yusran juga menghimbau kepada masyarakat akan pentingnya membayar pajak.

“Sosialisasi dan pendekatan perlu dilakukan agar masyarakat mengerti akan pentingnya membayar pajak,” pungkasnya.

Ridwan
Ridwan Jumat, 04 Juni 2021 00:18
Komentar