Logo Header

Jemaah Haji Batal Lagi Berangkat, Menag: Uang Pelunasan Bisa Diminta Kembali

Ridwan
Ridwan Kamis, 03 Juni 2021 16:43
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

TEBARAN.COM, JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan uang Jemaah Haji yang batal berangkat tahun ini tetap aman. Dan bisa diminta kembali.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Pembatalan keberangkatan jemaah ini berlaku untuk seluruh warga negara Indonesia (WNI) baik dengan kuota haji Indonesia maupun kuota haji lainnya.

Jemaah haji Indonesia ini sudah dua tahun batal diberangkatkan karena pandemi Covid-19.

Jemaah haji, reguler dan haji khusus, yang telah melunasi Biaya uang Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahun 1441 H/2020 M, akan menjadi jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M.

“Setoran pelunasan Bipih dapat diminta kembali oleh jemaah haji yang bersangkutan. Jadi uang jemaah aman. Dana haji aman,” ujar Menag dalam telekonferensi dengan media di Jakarta, Kamis 3 Juni 2021.

“Indonesia juga tidak punya utang atau tagihan yang belum dibayar terkait haji. Info soal tagihan yang belum dibayar itu hoax,” ungkapnya.

Menag menyampaikan simpati kepada seluruh jemaah haji yang terdampak pandemi Covid-19 tahun ini. “Keputusan ini pahit. Tapi inilah yang terbaik. Semoga ujian Covid-19 ini segera usai,” terang Menag.

Untuk memudahkan akses informasi masyarakat, selain Siskohat, Kemenag juga telah menyiapkan posko komunikasi di Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Kemenag juga tengah menyiapkan WA Center yang akan dirilis dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan bahwa pemerintah tidak memberangkatkan jemaah haji Indonesia 1442 H/2021 M. Menurutnya, di tengah pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) yang malanda dunia, kesehatan, dan keselamatan jiwa jemaah lebih utama dan harus dikedepankan.

“Karena masih pandemi dan demi keselamatan jemaah, Pemerintah memutuskan bahwa tahun ini tidak memberangkatkan kembali jemaah haji Indonesia,” tegas.

Ridwan
Ridwan Kamis, 03 Juni 2021 16:43
Komentar