Logo Header

Refreshment Dosen Pengajar PPG, FTK UIN Alauddin Komitmen Cetak Guru Profesional

Ridwan
Ridwan Rabu, 02 Juni 2021 11:02
Pembukaan Refreshment Dosen Pengajar PPG FTK UIN Alauddin Makassar, Selasa 2 Juni 2021.
Pembukaan Refreshment Dosen Pengajar PPG FTK UIN Alauddin Makassar, Selasa 2 Juni 2021.

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar menggelar Refreshment dan Penyamaan Persepsi Dosen Pengajar Program Profesi Guru (PPG) dalam jabatan tahun 2021.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Kegiatan dilangsungkan di Gedung PPG Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, Pesantren Madani Paopao, Senin 1 Juni 2021. Dan diikuti puluhan dosen yang disiapkan menjadi pengajar PPG 2021.

Dosen tersebut tersebar dalam beberapa bidang studi, dan akan memberikan perkuliahan pada PPG yang segera dilaksanakan. Mereka merupakan dosen dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Dalam sambutan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr Andi Marjuni menyampaikan bahwa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan berkomitmen dalam melahirkan guru-guru yang berkualitas dan profesional.

“Kami menjamin dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan siap mengaktualisasikan ilmunya dan mengawal PPG ini hingga melahirkan guru yang profesional,” ujar pria kelahiran Soppeng itu di hadapan dosen pengajar PPG.

Menurutnya program PPG tahun 2021 ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena tahun 2020 massifnya penyebaran pandemi Covid-19. Ditambah berbagai pembatasan demi menekan laju penyebaran Covid-19.

Dia mengatakan, tahun 2021 ini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan mendapatkan kuota yang lebih banyak dibanding sebelumnya dari di Lembaga Pendikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang menjalankan program PPG tersebut.

Dia juga menyampaikan bahwa pelaksanaan PPG ini dilakukan secara daring yang tidak hanya diikuti dari Indonesia Timur saja namun juga dari berbagai daerah di Indonesia. Sehingga dibutuhkan keseriusan dosen pengajar dan peserta PPG dalam program ini.

Melalui program PPG ini lanjutnya, guru diharapkan mampu mentransformasikan ilmu pengetahuannya kepada peserta didik secara baik dan profesional. Memiliki mindset guru lebih baik dan lebih mampu beradaptasi dengan siswa dan lingkungan sekolah.

“Disinilah kita sesungguhnya akan memberikan nilai-nilai akademik, bagaimana kemampuan pedagogik dan profesional guru dibangun. Dan dosen-dosen kami akan menjadi jaminan bahwa kualitas tenaga pengajar, kami tidak pernah meragukan kualitas mereka,” terangnya.

Sejalan dengan itu, Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa dosen pengajar PPG merupakan dosen yang tidak lagi diragukan keilmuannya.

Sehingga kata dia, Refreshment tersebut bukan sebagai transfer ilmu pengetahuan. Namun sebatas penyamaan persepsi dalam pelaksanaan proses PPG yang dilaksanakan secara daring atau dalam jaringan.

“Dengan acara seperti ini kita juga bisa bersilaturahmi secara langsung dengan guru-guru besar kita. Yang selama ini silaturrahim dan komunikasi hanya sebatas daring,” kata Hamdan Juhannis sesaat sebelum membuka acara.

Pria kelahiran Bone ini juga berharap dengan adanya gedung PPG Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dapat menjadi episentrum pengembangan ilmu pengatahuan tenaga pendidik dan kependidikan.

Acara ini hadir secara online Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Muhammad Zain. Dan secara offline dengan penerapan protokol kesehatan dihadiri beberapa dekan dan pimpinan UIN Alauddin Makassar.

Ridwan
Ridwan Rabu, 02 Juni 2021 11:02
Komentar