Logo Header

Pegasus Coffee Mulai Layani Ngopi Subuh, Menjaga Tradisi dan Kesehatan

Ridwan
Ridwan Senin, 31 Mei 2021 22:35
Pegasus Coffee Jalan Pengayoman Nomor 21, Kota Makassar
Pegasus Coffee Jalan Pengayoman Nomor 21, Kota Makassar

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Tidak semua warung kopi atau warkop di Kota Makassar, Sulawesi Selatan buka sejak subuh. Meski banyak warga yang membutuhkan tempat ngobrol sembari ngopi di subuh hari.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Tradisi mengobrol sembari minum kopi di subuh hari sudah hadir sejak lama, sehingga kita mengenal warkop-warkop yang menjadi lagenda yang mulai buka sejak subuh dan aktif hanya sampai jam 10 pagi.

Namun saat ini sudah jarang ditemukan warkop yang beroperasi mulai subuh hari. Padahal banyak warga yang ingin menghabiskan waktu subuhnya sebelum mulai melakukan aktivitas sehari-hariannya.

Tradisi ini pun seharusnya berlanjut, karena kehidupan warga Kota Makassar semakin kompleks dan memerlukan ruang percakapan yang lebih lapang, confortable, berselera, dan makin menuntut standar kualitas tertentu.

Atas dasar itu Pegasus Coffee yang terletak di Jalan Pengayoman nomor 21 berinisiatif membuka layanan mulai subuh hari, dengan sajian kopi khas Pegasus, dan sajian menu khas pagi hari kota Makassar.

Tujuannya sederhana, mengakomodasi pelanggan setia Pegasus Coffee yang ingin memulai hari dengan percakapan pagi yang segar dan bermutu.

Tentunya juga dengan kopi dan kue khas Makassar dan layanan yang menyenangkan. Harga setiap menu minuman dan makanan di Pegasus Coffee sangat merakyat.

Menurut Pengelola Pegasus Coffee Awal, layanan subuh hari ini terbuka bagi siapa saja yang ingin mencicipi nikmatnya kopi khas Pegasus, dan menu-menu lainnya.

Dia juga mengatakan, Pegasus Coffee membuka layanan subuh hari karena melihat warga saat usai menjalankan salat subuh terkadang membutuhkan tempat nongkrong untuk ngopi sebelum balik ke rumahnya.

“Sekarang semakin ramai jemaah salat subuh, biasanya cari tempat ngobrol-ngobrol sambil ngopi sebelum balik ke rumahnya,” katanya, Senin 31 Mei 2021.

Menurut dia, warkop yang ada di daerah Pengayoman-Penakkukang belum ada yang buka subuh hari. Sehingga Pegasus Coffee berinisiatif untuk memulai beroperasi lebih awal dari warkop lainnya.

Pegasus Coffee dengan “Ngopi Subuh” mulai diberlakukan besok, Selasa 1 Juni Mei 2021, pukul 05.00 WITA.

Manfaat Ngopi Subuh/Pagi

Apa saja manfaat minum kopi di pagi hari yang baik untuk kesehatan tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Menambah energi dan meningkatkan fokus

Manfaat pertama dari minum secangkir kopi di pagi hari adalah bisa menambah energi dan meningkatkan fokus. Kandungan kafein dalam kopi diketahui bisa meningkatkan adrenalin sehingga tubuh menjadi lebih berenergi, selain itu kafein juga bisa membangunkan sel-sel dalam otak agar lebih fokus.

Kafein juga bisa meredakan rasa pusing yang mungkin ada setelah tidur semalaman, sehingga bisa memberikan relaksasi dan meningkatkan mood yang berguna agar aktivitas sepanjang hari bisa lebih menyenangkan.

2. Mencukupi kebutuhan antioksidan harian

Kopi kaya akan kandungan antioksidan yang sangat diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri diketahui merupakan penyebab berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi tubuh, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi dan kanker.

Dengan meminum secangkir kopi di pagi hari, tubuh akan mendapatkan asupan antioksidan yang cukup untuk mengatasi radikal bebas yang mungkin berasal dari luar tubuh seperti dari makanan, udara atau dari reaksi tubuh terhadap sinar matahari saat beraktivitas harian.

3. Melancarkan pencernaan

Menurut penelitian minum kopi bisa meningkatkan fungsi organ pencernaan dalam perut serta menjaga sistem pencernaan, itu dikarenakan kopi menstimulasi cairan di dalam lambung sehingga mempengaruhi sistem pemecahan zat makanan dan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Jika kamu mengalami masalah pencernaan, bisa mulai minum kopi untuk mengatasinya. Namun harus dengan takaran yang tepat jangan berlebihan, maksimal dua cangkir sehari, dan pagi hari merupakan waktu yang baik untuk memulainya.

4. Baik untuk metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan

Minum kopi di pagi hari ternyata baik juga untuk metabolisme tubuh, kafein dalam kopi diketahui bisa meningkatkan metabolisme tubuh karena menghasilkan energi dan sedikit panas yang akan membuat proses pencernaan makanan dan pembakaran lemak dalam tubuh menjadi lebih cepat dari biasanya.

“Secangkir kopi harian dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme, dengan merangsang thermogenesis, sehingga membantu membakar lebih banyak lemak,” ungkap ahli nutrisi Sarah Flower seperti dilansir dari The Express.

Selain itu, minum kopi di pagi hari juga bisa membantu menurunkan berat badan, kandungan asam klorogenik dalam kopi diketahui bermanfaat untuk memperlambat penyerapan karbohidrat dan mengurai lemak yang akan membuat nafsu makan menjadi berkurang.

5. Baik untuk kesehatan jantung

Menurut penelitian yang dilakukan John Hopkins University, mengonsumsi kopi ternyata dapat menurunkan risiko penyumbatan arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung. Hal tersebut disebabkan kandungan antioksidan yang tinggi dalam kopi bermanfaat untuk menurunkan pengendapan kalsium di arteri koroner jantung.

Selain itu kandungan kafein dalam kopi diketahui bisa membantu protein p27 untuk mengatur sel-sel bermana mitokondria yang merupakan dapur energi dari sel-sel di jantung, reaksi ini dapat mendorong sel-sel jantung bekerja lebih efisien.

Itulah beberapa manfaat minum kopi di pagi hari yang baik untuk kesehatan. Namun yang harus diingat, sebaiknya konsumsi kopi hitam murni tanpa pemanis buatan atau krim berlebih dan harus dalam takaran yang pas, maksimal dua atau tiga cangkir sehari.

Ridwan
Ridwan Senin, 31 Mei 2021 22:35
Komentar