Logo Header

Dialog Pemprov Sulsel dan Perwakilan Suporter bahas Kelanjutan Stadion Mattoanging, Begini hasilnya!

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.com Kamis, 27 Mei 2021 23:14
 Dialog Pemprov Sulsel dan Perwakilan Suporter bahas Kelanjutan Stadion Mattoanging, Begini hasilnya!

TEBARAN.COM, MAKASSAR – Suporter PSM Makassar akhirnya bisa bernafas lega. Setelah mendengar penjelasan langsung oleh Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam dialog mengenai pembangunan Stadion Mattoanging dilanjutkan.

Beban Aisyah Rawat Ibu dan Adiknya dapat Perhatian Andi Sudirman

Pertemuan yang dikemas dalam Dialog Bersama Dalam Rangka Pembangunan Stadion Mattoanging ini pun berjalan tenang dan akrab selama lebih dari dua jam itu berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (27/5/2021).

Dihadiri oleh perwakilan dari kelompok suporter PSM Makassar, diantaranya Red Ganks, The Macz Man, Ramang Mania.

Serta dihadiri pula oleh Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika, Ketua Komisi A DPRD Sulsel, Selle KS Dalle; Kadispora Sulsel, Andi Arwin Azis; LKPP; Asisten 1 Pemprov Sulsel; serta Kepala OPD terkait Lingkup Pemprov Sulsel.

Dihadapan para suporter PSM Makassar, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menegaskan, komitmen akan melanjutkan pembangunan Stadion Mattoangin.

“Saya tidak suka berjanji, ini bukan janji. Tetapi nawaitu, niat kami kuat. Komitmen menyatakan pembangunan Stadion Mattoanging dilanjutkan. Komitmen kami kuat membangun seratus kali, kalau kalian mendesak, saya ingin memaksa ini selesai,” tegasnya yang disambut senang para tetamu.

Untuk pembangunannya, kata dia, bukan desain ulang, melainkan desain tambahan (additional design). “Saya juga suka sepakbola. Dalam pembangunan ini, permintaan saya tidak ingin mengambil resiko. Tahapan pembangunan harus terukur, terbangun dan terpakai dengan baik. Jadi pembangunan dengan additional design dengan melihat kemampuan keuangan daerah dari APBD murni secara bertahap, jadi setiap tahun tahap pembangunan bisa fungsional dan tidak mangkrak,” pintanya.

Kebijakan yang akan dilakukan, kata dia, perlu memikirkan secara matang dan tepat. Apalagi sudah ada beberapa bangunan sarana dan prasarana sepakbola di Sulsel yang mangkrak. “Karena pertanggungjawaban saya dengan yang diatas (Allah Subhanahu Wa Ta’ala),” katanya.

Andi Sudirman pun bercerita kala tahun 2019 lalu. Tepatnya 7 Agustus, dirinya menerima ribuan suporter, tim PSM Makassar berikut official dan keluarga masing-masing pemain di rujab Gubernur Sulsel. Di situ terjadi perbincangan mengenai permintaan PSM Makassar untuk perbaikan arena bermain. Hal itu pun disambut baik, namun berselang beberapa bulan terjadi pandemi Covid-19 yang berdampak pada segi kesehatan bahkan perekonomian.

“Akhirnya saya menjabat Plt Gubernur, itu menjadi tanggungjawab saya, bagaimana mengawal lima program prioritas saya bersama bapak Gubernur (Nonaktif, Nurdin Abdullah). Perhatian kami juga masalah stunting dan kemiskinan. Kita juga anggarkan untuk upaya menekan stunting, karena investasi yang terbaik adalah generasi. Saat pandemi muncul, mulai menetapkan sistem bagaimana bottom-up,” bebernya.

Untuk anggaran PEN, kata dia, berfokus dalam pemulihan ekonomi diantaranya sektor pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, irigasi, penanganan stunting.

“Irigasi dilakukan agar bisa menjaga ketahanan pangan kita. Pembangunan jalan dan jembatan untuk memudahkan akses distribusi barang dan jasa.

Pihaknya pun meminta dukungan para masyarakat Sulawesi Selatan khususnya suporter PSM Makassar untuk mendukung dan mengawal proses pembangunan Stadion Mattoangin. Serta diharapkan menjaga ketenangan di Sulsel. “Mari saling mendukung dan berdoa agar proses pembangunan bisa berjalan lancar,” tuturnya.

Direncanakan pembangunan Stadion Mattoangin ini akan dilakukan lelang pada akhir tahun 2021 dengan estimasi Rp 50 Miliar. Sehingga di awal tahun 2022 bisa mulai dikerjakan. Pemprov Sulsel pun berharap Pemerintah Pusat bisa turut mendukung dalam hal penganggaran melalui APBN.

“Menunggu hasil penyusunan additional design. Estimasi nilai anggaran Rp 50 Miliar. Namun tidak tertutup kemungkinan bisa Rp 100 Miliar atau lebih,” tambah Kepala Dispora Sulsel, Andi Arwin Azis.

Sementara itu, Perwakilan suporter dari The Macz Man mengaku senang mendengar adanya komitmen dari Pemerintah dan DPRD Sulsel dalam melanjutkan pembangunan Stadion Mattoangin. Mereka pun lega mendengar kejelasan dari Pemprov Sulsel.

Suporter pun mengapresiasi atas ruang dialog bersama atas inisiatif Plt Gubernur Sulsel yang membahas Stadion Mattoangin.

“Alhamdulillah, ada komitmen. Kita akan kawal. Serta pembangunan bisa bertahap, terukur dan terarah. Kedepan kami harap, suporter bisa mendapatkan informasi terkait progres pembangunan Stadion Mattoangin ini,” ungkapnya.

Editor Tebaran.com
Editor Tebaran.com Kamis, 27 Mei 2021 23:14
Komentar